ABSTRAK Reyhan Xhavier Makabbie Amir
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Flick.id merupakan perusahaan start up teknologi finansial yang mencoba
menawarkan pengalaman finansial yang mudah, cepat, dan aman di Indonesia
melalui produk point of sales. Flick.id baru saja mendapatkan suntikan dana dari
salah satu investornya. Hal ini menyebakan Flick.id dituntut oleh investornya
untuk mengembangkan berbagai produk baru dan memperluas lini produk yang
akan ditawarkan. Flick.id berencana untuk mengembangkan sistem informasi
dashboard untuk meningkatkan performa dan mendukung pemilihan
keputusannya dan Flick.id membutuhkan metodologi perancangan sistem
informasi dashboard yang dapat menyesuaikan dengan berbagai permasalahan
mendatang. Saat ini persaingan bisnis point of sales semakin ketat akibat berbagai
perusahan besar mulai mengembangkan produk point of sales. Untuk dapat tetap
bersaing dengan kompetitor-kompetitornya di masa ini dan di masa mendatang
Flick.id berencana mengeksploitasi kelebihannya dalam kedekatan dengan
pelanggan. Oleh karena itu akan dibangun metodologi, indikator informasi, dan
prototipe dashboard pengelolaan pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan
Flick.id.
Solusi yang dihasilkan adalah metodologi perancangan sistem informasi, dengan
karakteristik metodologi penelitian top-down, usage-centered, dan menggunakan
prototipe. Rekomendasi metodologi disintensis menggunakan dasar metodologi
Gupea dan dengan gabungan metodologi-metodologi perancangan lain yang telah
diidentifikasi. Dengan lima tahapan yang terdiri dari requirement elication,
dashboard type selection, perancangan & evaluasi prototipe, evaluasi, dan
pemeliharaan berkala. Direkomendasikan kebutuhan informasi pemantauan bisnis
yang dibutuhkan untuk dipantau oleh Flick.id sebanyak tiga belas metrik
pengelolaan pelanggan. Prototipe aplikasi dirancang sebagai dasar pengembangan
dengan memili lima halaman yang didalamnya terdapat fitur identifikasi tren dan
identifikasi korelasi.
Kata kunci: perancangan dasbor, sistem informasi, pengelolaan pelanggan,
prototipe.
xiii
ABSTRACT
Flick.id is a financial technology start-up company that tries to offer an easy, fast,
and secure financial experience in Indonesia through point of sales products.
Recently, Flick.id has just received an injection of funds by one of its investors.
This caused Flick.id to be demanded by its investors to develop various new
products and expand product lines. Flick.id plans to develop a dashboard
information system to improve its performance and support its decision making.
Flick.id also requires a dashboard information system design methodology that
able to adapt towards various future problems. Nowadays, point of sales business
competition is getting tighter due to various large companies starting to develop
point of sales products. In order to remain competitive with its competitors at
present and in the future, Flick.id plans to exploit its advantages in proximity to
customers. Therefore, methodologies, information indicators, and prototypes of
customer management dashboards will be built according to Flick.id's needs.
The recommendation solution is adesign methodology is a methodology that
uses the characteristics of top-down, usage-centered, and uses a prototype.
Methodological recommendations were synthesized on the basis of the Gupea
methodology and in combination with the other design methodologies
identified. With five stages consisting of requirement elication, dashboard type
selection, prototype design & evaluation, evaluation, and periodic
maintenance. It is recommended that thirteen customer management metrics
need to be monitored by Flick.id for business monitoring information. The
prototype is designed as the basis for application development by selecting five
pages in which there are features such as trend identification and correlation
identification.