Pengalaman dan persepsi pasien memiliki peranan penting dalam sebuah praktik
dokter gigi, karena hal tersebut menjadi penentu perilaku pasien di lingkungan
praktik dokter gigi. Emotional branding merupakan salah satu cara untuk
membangun ikatan emosional dan memberikan pengalaman bagi konsumen sebuah
brand yang didasari oleh empat konsep dasar yang disebut four pillars of emotional
branding diantaranya adalah hubungan, pengalaman pancaindra, imajinasi dan visi.
Bagi sebuah brand klinik gigi, emotional branding dapat dimanfaatkan untuk
membangun ikatan emosional dan menyediakan pengalaman yang baik serta
konsisten dengan brand klinik gigi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti
bagaimana penerapan emotional branding dapat membentuk pengalaman pasien
terhadap klinik gigi. Klinik Bandung Dental Center dipilih sebagai objek kajian.
Penelitian ini dilakukan degan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data
melalui observasi dan wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis
menggunakan prinsip qualitaive content analysis untuk mengetahui penerapan
konsep four pillars of emotional branding yang ada pada aktifitas branding yang
dilakukan oleh klinik Bandung Dental Center serta pengalaman apa yang diberikan
dari penerapan emotional branding tersebut.