digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Feti Fera
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Feti Fera
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Feti Fera
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Feti Fera
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Feti Fera
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Feti Fera
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Jajak Pendapat (Jakpat) adalah platform one-stop-solution untuk kebutuhan riset pasar online. Jakpat berada di bawah naungan PT Gongsin Internasional Transindo (GIT), sebuah perusahaan yang berbasis di Yogyakarta. Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Jakpat berkembang dengan sangat pesat. Hingga riset ini ditulis, Jakpat memiliki lebih dari satu juta panelis yang tersebar di seluruh nusantara. Jakpat telah menyelesaikan lebih dari dua belas ribu proyek penelitian dan bekerja dengan lebih dari tiga ribu pelanggan di seluruh dunia. Selama hampir satu dekade menjalankan bisnisnya, Jakpat secara konsisten terus berupaya menjadi platform market riset online terbaik di Indonesia. Namun demikian, Jakpat saat ini tengah menghadapi dua tantangan bisnis, yaitu bagaimana mengakuisisi segmen market dari Usaha Kecil Menengah (UKM) dan bagaimana memenangkan persaingan bisnis yang ketat. Untuk menganalisis masalah tersebut secara komprehensif, metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data primer diperoleh dari wawancara dengan manajemen Jakpat, calon pelanggan dan juga kompetitor. Selain itu, kuesioner juga disebar ke 203 responden. Lebih jauh, untuk memahami masalah bisnis dengan lebih baik, ada dua analisis yang digunakan: Analisis PEST dan Porter’s Five Forces untuk mengevaluasi pengaruh eksternal terhadap perusahaan. Selanjutnya, kerangka VRIO dan Value Chain digunakan untuk menilai implikasi kompetitif dari sumber daya perusahaan. Setelah internal dan eksternal analysis selesai dilakukan, formulasi strategi bisnis untuk Jakpat akan dilakukan.