digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak : BNI merupakan salah satu perusahaan terbuka milik umum yang bergerak di bidang perbankan. Menghadapi persaingan yang makin ketat, perusahaan harus mencari peluang-peluang baru di pasar. Oleh karena itu BNI dituntut untuk dapat berperilaku dan berpikir secara entrepreneurial guna menjawab tantangan-tantangan tersebut. Studi ini ingin mengetahui dimensi-dimensi budaya intrapreneurship apa yang mendominasi BNI serta memberi penilaian terhadap pentingnya peran manajemen dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat intrapreneurial. Studi ini dilakukan melalui Entrepreneurial Orientation Survey (EOS) dan Entrepreneurial Leadership Questionnaire (ELQ). Penelitian ini dilakukan kepada 55 orang karyawan. Hasil EOS menunjukkan bahwa secara umum budaya perusahaan BNI didominasi oleh budaya Dukungan terhadap Ide Baru dan Kecepatan (ditunjukkan dengan nilai yang tinggi), sedangkan dalam hal Pengambilan Risiko dan Orientasi Individu mendapat nilai rendah. Hasil ELQ menunjukkan adanya kesenjangan antara kepentingan tiap dimensi dan kenyataan di BNI untuk sifat-sifat General Entrepreneurial Leadership (GEL), Explorer, Miner, Accelerator, dan Integrator. Analisis lebih lanjut terhadap hasil survei ELQ menunjukkan bahwa BNI mempunyai pemimpin yang lebih bercirikan tipe Explorer dan Miner. Direkomendasikan kepada BNI untuk meningkatkan budaya entrepreneurial terutama pada dimensi Rencana Strategi, Orientasi Individu dan Pengambilan Risiko. Perusahaan juga perlu untuk membangun karakter entrepreneurial leadership khususnya untuk tipe Accelerator dan Integrator sehingga dapat menciptakan dan mendukung lingkungan yang lebih baik untuk kreatifitas, inovasi dan kegiatan entrepreneurship.