Dalam 5 tahun terakhir, pertumbuhan industri perawatan kulit lokal di indonesia berkembang sangat
pesat. Banyak brand skincare lokal baru yang mengalahkan brand skincare lama di Indonesia dengan
waktu yang cepat. Salah satu brand lokal yang menjadi perhatian belakangan ini adalah Somethinc.
Sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2019, Somethinc telah berkembang sangat pesat dalam 3 tahun
terakhir, dan menjadi skincare lokal nomor 3 terbaik di Indonesia. Untuk bersaing dengan merek
perawatan kulit lokal lainnya, Somethinc tidak hanya mengutamakan layanan atau produk berkualitas
tinggi, tetapi juga pengalaman positif. Walaupun sudah sangat sukses, customer exprience mulai dari
kurang detailnya produk yang dijual di website, hingga item best seller yang banyak sold out
mempengaruhi kepuasan pelanggan dan juga loyalitas pelanggan Somethinc untuk berkomitmen pada
salah satu brand skincare yang akan digunakan. Oleh karena itu studi ini dibuat untuk mencari hubungan
antara online customer experience terhadap customer satisfaction dan akhirnya akan menghitung
customer loyalty. Dengan penelitian ini, penulis juga akan menjelaskan perbedaan faktor online
customer experience yang relevan, bertujuan untuk memberikan kontribusi pengetahuan tentang
bagaimana membangun toko skincare online yang akan membawa pengalaman pelanggan yang positif.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan juga kuantitatif. Studi kualitatif dilakukan dengan
wawancara untuk mendapatkan variabel tambahan yang kemudian dianalisis menggunakan coding
manual. Wawancara dilakukan kepada 10 responden sesuai dengan kriteria penulis. Setelah itu, data
akan divalidasi melalui triangulasi data menggunakan observasi netnografi dan juga studi literatur.
Kemudian, metode kuantitatif akan digunakan untuk lebih memvalidasi data dengan menyebarkan
kuesioner online. Studi ini menganalisa 246 responden dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh
penulis. Untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif dan Partial Least Squares -
Structural Equation Modeling. Dari hasil studi ini, didapatkan bahwa dari penelitian kualitatif penulis
menambahkan satu variabel (Multichannel Interaction), dan dari analisis kuantitatif penulis menemukan
faktor - faktor yang mempengaruhi Customer satisfaction (CSF) dari customer Somethinc adalah
Website Usability (WU), Economic Value (EV), Customization (CZ), Post-purchase Experience (PE),
Multichannel Interaction (MI), also Customer satisfaction (CSF) yang dirasakan oleh customer
Somethinc, dan mempengaruhi Customer Loyalty (CL) mereka. Oleh karena itu, hasil ini dapat
digunakan untuk merek Somethinc untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka untuk
menghasilkan lebih banyak kepuasan bagi pelanggan mereka dan mengarahkan Somethinc untuk
memiliki lebih banyak loyalitas pelanggan, dan juga dapat diterapkan oleh perusahaan perawatan kulit
lokal lainnya untuk menarik pelanggan untuk membeli produk mereka dan pelayanan berdasarkan hasil
penelitian ini.
Keyword : Customer Experience, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Manual Coding;
Triangulation, Online Survey, PLS-SEM, Mixed-Method Study