ABSTRAK Andina Ariella S.R.
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 1 Andina Ariella S.R.
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 2 Andina Ariella S.R.
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 3 Andina Ariella S.R.
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 4 Andina Ariella S.R.
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 5 Andina Ariella S.R.
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
PUSTAKA Andina Ariella S.R.
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
LAMPIRAN Andina Ariella S. R
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Pariwisata Perkotaan merupakan sebuah aktivitas pariwisata yang mengambil tempat di perkotaan
dengan segala karakteristik perkotaan yang dimilikinya. Destinasi pariwisata perkotaan menawarkan
beragam pengalaman dan produk budaya, arsitektur, teknologi, sosial dan alam yang luas yang dimiliki
oleh sebuah kota untuk dinikmati oleh masyarakat serta dapat menjadi peluang bisnis bagi
masyarakatnya. DKI Jakarta sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara memiliki
keunggulan dari segi atraksi, aksesibilitas, dan amenitas kota. Hal tersebut menjadikan DKI Jakarta
memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata perkotaan. Kawasan Pasar
Baru sendiri yang memiliki 6 destinasi wisata yaitu Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral,
Gedung Filateli/Kantor Pos Besar, Gedung Kesenian Jakarta, dan Taman Lapangan Banteng yang
sangat berpotensi untuk dapat dikembangkan sebagai kawasan pariwisata perkotaan. Kawasan Pasar
Baru yang dikenal sebagai kawasan perbelanjaan ini memiliki banyak nilai sejarah di berbagai titik
kawasannya. Selain daya tarik besar yang dimiliki oleh Kawasan Pasar Baru, kawasan ini juga memili
banyak fasilitas pendukung wisata yang menyebar dan kemudahan akses dalam segi transportasi
maupun jalan di dalam kawasannya. Melihat banyaknya potensi yang dimiliki oleeh Kawasan Pasar
Baru, namun citra kawasan ini semakin memudar tiap tahunnya. Hal ini dikarenakan kurangnya
strategi pengembangan kawawsan pasar baru sebagai destinasi wisata perkotaan Jakarta mulai dari
pengelolaan kawasannya sampai pemasaran yang dimiliki oleh Kawasan Pasar Baru. Oleh karena itu,
perlu adanya peningkatan pengembangan Kawasan Pasar Baru agar kawasan ini dapat
memaksimalkan segala potensi yang dimilikinya. Berdasarkan hasil analisis SWOT, kawasan ini
berada pada posisi Kuadran I yang memiliki strategi Progresif yang berarti pengembangan ini sangat
dimungkinkan untuk terus kembangkan dan dilanjutkan, dan akan mendapatkan pertumbuhan baik sisi
ekonomi maupun yang lainnya secara besar dan akan meraih kemajuan secara maksimal. Untuk
mencapai kemajuan tersebut, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk Teridentifikasinya strategi
rekomendasi Kawasan Pasar Baru sebagai daya tarik destinasi wisata perkotaan Jakarta.