ABSTRAK M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 1 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 2 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 3 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 4 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 5 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
PUSTAKA M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Pandemi Covid-19 merebak di Indonesia pada Maret 2020 yang memberikan dampak
besar pada kehidupan manusia. Sektor pariwisata menjadi sektor yang terdampak.
Salah satu destinasi wisata yang berdampak saat pandemi Covid -19 adalah Pantai
Padang. Pantai Padang merupakan destinasi pariwisata yang dikembangkan oleh
pemerintah Kota Padang. Destinasi wisata ini memiliki ciri khas dengan menyajikan
daya tarik alam. Pengembangan destinasi wisata Pantai Padang sesuai dengan arahan
RTRW Kota Padang tahun 2010-2030 dan visi misi Wali Kota Padang. Kunjungan
wisatawan menurun sebesar 87% karena pembatasan pergerakan dan larangan
bepergian oleh pemerintah. Selain itu, berdasarkan RPJMD Kota Padang tahun 2019 -
2024 potensi pariwisata pantai di Kota Padang belum dikelola secara optimal dan
masih terdapat banyak permasalahan terkait infrastruktur. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui strategi pengembangan pariwisata Pantai Padang yang
memperhatikan kondisi ketidakpastian berakhirnya pandemi Covid -19. Analisis 4A
terdiri dari atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan kelembagaan untuk mengidentifikasi
karakteristik kegiatan pariwisata Panta i Padang. Berdasarkan hasil analisis deskriptif
kualitatif dan analisis 4A ditemukan bahwa kondisi objek atraksi, fasilitas, dan
aksesibilitas masih memiliki permasalahan terkait kebersihan, keindahan serta
kesesuaian kapasitas. Berdasarkan hasil analisis karakteristik kegiatan pariwisata
didapatkan potensi, kelemahan, peluang, dan tantangan dalam pengembangan Pantai
Padang yang akan digunakan dalam merumuskan strategi pengembangan dengan
menggunakan metode SWOT yang dapat diterapkan di Pantai Padang dengan
peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar dan sarana pendukung
pariwisata dengan standar yang baik, memanfaatkan teknologi dalam melakukan
promosi pariwisata serta melakukan inovasi agar meningkatkan kepercayaan pihak
investor dalam melakukan investasi, Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang
berkaitan dengan pengembangan pariwisata Pantai Padang