digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP LINDA CHIKITA 1.pdf?_
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Parade tatung Cap Go Meh merupakan salah satu budaya Indonesia yang sangat terkenal secara domestik maupun mancanegara. Kebudayaan ini telah meningkatkan jumlah pariwisata pada kota Singkawang, Kalimantan Barat, setiap tahunnya karena keunikan budaya hasil akulturasi dari tiga tiang kebudayaan yaitu: Tionghoa; Dayak; dan Melayu. Parade dimeriahkan oleh tatung, medium manusia yang dirasuki oleh entitas untuk berkeliling kota untuk melakukan atraksi berbahaya untuk menolak bala. Tatung memiliki potensi besar untuk dirancang menjadi intellectual property berbasis karakter yang menargetkan pada demografi yang lebih luas, salah satunya dewasa muda. Walaupun mereka memiliki tingkat ketertarikan untuk mengenal tatung tinggi, hanya sedikit media representasi yang tersedia. Media yang sedang digemari oleh dewasa muda adalah game RPG yang mencondongkan desain karakternya. Tujuan dari diadakannya penelitian ini untuk memetakan tatung Cap Go Meh Singkawang dan merancang desain karakter game RPG yang sesuai bagi target. Metodologi yang digunakan adalah riset menggunakan data kualitatif dan kuantitatif melalui pengumpulan data yang dilakukan dari studi literatur, kuesioner, wawancara, dan observasi. Data tersebut diolah dan diterapkan pada desain karakter game yang tetap mempertahankan identitas utamanya namun dengan perbaruan yang cocok untuk dewasa muda. Karakter yang dirancang terdiri dari lima entitas tatung yang dipilih untuk merepresentasikan keseluruhan klasifikasi tatung. Desain dibuat dengan gaya anime yang khas; dewasa; dan mewah, yang dikemas kedalam luaran berbentuk cuplikan karakter game.