Seseorang yang mengedepankan pemenuhan keinginan sesaat tanpa mempedulikankebutuhan merupakan definisi dari perilaku konsumtif. Hal ini dipengaruhi olehberbagai jenis faktor. Beberapa faktor itu terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal dipengaruhi oleh perasaan dan pemahaman. Sementara faktor
eksternal dipengaruhi oleh tren dan lingkungan sekitar. Remaja merupakan kalanganyang ada di masa pencarian jati diri dan berusaha berbaur dengan lingkungan. Hal ini
menyebabkan remaja mudah untuk melakukan perilaku konsumtif secara berlebihan. Untuk itu perlu adanya peningkatan kesadaran mengenai dampak negatif perilakukonsumtif dalam bentuk permainan puzzle. Permainan ini menyajikan pengalamanuntuk membantu beberapa karakter yang melakukan perilaku konsumtif berlebih. Puzzle ini akan memperlihatkan kepada pemain usaha untuk mengurangi perilakukonsumtif pada karakter tertentu serta dampak buruk perilaku konsumtif saat
pemain gagal menyelesaikan pu