digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ilona Kirana Saradella
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Ilona Kirana Saradella
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ilona Kirana Saradella
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ilona Kirana Saradella
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ilona Kirana Saradella
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ilona Kirana Saradella
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Ruang terbuka hijau merupakan salah satu tujuan pemerintah dalam memenuhi program PBB tentang tujuan pembangunan berkelanjutan. Dalam pelaksanaan penciptaan ruang terbuka hijau, jasa kontraktor lanskap sangat dibutuhkan. Ia menghubungkan alam, manusia, dan tempat menjadi satu kesatuan sistem yang mengikat hubungan satu sama lain. Salah satu pemain di industri ini adalah GoGarden Jakarta. Namun, pertumbuhan bisnis GoGarden menghadapi kendala yang meliputi aspek manajemen sumber daya manusia, strategi pemasaran, dan urgensi inovasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Penting untuk menganalisis industri dan peluang apa yang dapat dimanfaatkan. Kerangka strategi AFI (Analysis Formulation Implementation) diterapkan pada alur penyelesaian penelitian ini. Didukung dengan hasil wawancara mendalam, pengolahan data dilanjutkan dengan mempertimbangkan faktor internal dengan Analisis VRIO dan faktor eksternal dengan Porter Five Forces. Solusi dijelaskan dalam kerangka Strategi Berlian dan Model Kanvas Bisnis menghasilkan beberapa rekomendasi. Tindakan yang dapat dilakukan adalah penerapan manajemen outsourcing, pengembangan inovasi mobile app yang selaras dengan tujuan lingkungan, kerjasama dengan calon mitra, dan menjajaki pendekatan digital marketing yang cocok bagi bisnis GoGarden untuk perkembangan ekuitas merek.