digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Laporan Komisi Nasional Keselamatan dan Transportasi (KNKT) menyatakan adanya awan konvektif di sekitar wilayah turbulensi yang dialami oleh Batik Airlines tanggal 24 Oktober 2017. Namun, belum diketahui turbulensi tersebut dibangkitkan oleh awan konvektif atau faktor yang lain. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data NCEP-FNL, data laporan dari KNKT, data sounding, dan data Satelite Himawari-8. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap. Tahap pertama yaitu melakukan simulasi model WRF-ARW dengan memodifikasi kerapatan grid vertikal. Kemudian hasil model diverifikasi sehingga diperoleh simulasi yang paling mendekati observasi. Simulasi tersebut dijadikan control run pada tahap selanjutnya. Pada tahap selanjutnya dilakukan identifikasi pengaruh aktivitas konvektif dengan 3 jenis eksperimen yaitu CTRL (control run), NOMP (non-microphysics parameterization), dan NOLH (non-latent heating). Hasil penelitian menunjukkan bahwa simulasi 4 dengan konfigurasi eta level sebanyak 82 dan kerapatan berada di bawah memiliki nilai EDR sebesar 0,22 m2/3 s-1 dengan kategori turbulensi sedang. Turbulensi pada simulasi 4 lebih terlihat jelas dibandingkan simulasi yang lain berdasarkan hasil verifikasi. Fenomena turbulensi yang dialami oleh pesawat Batik Airlines tanggal 24 Oktober 2017 adalah NCT. Keadaan atmosfer tidak stabil sehingga tidak memungkinkan terjadinya fenomena mountain wave. Penyebab turbulensi didominasi oleh buoyancy yang lebih besar dibandingkan dengan shear angin. Nilai Ri menunjukkan wilayah tersebut berpotensi menjadi turbulensi dengan intensitas EDR sebesar 0,22 m2/3s-1 dengan kategori turbulensi sedang.