digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rachmanisya Juwita
PUBLIC Alice Diniarti

Memiliki latar waktu di masa pandemi Covid - 19, karya ini merupakan hasil pengamatan terhadap transisi perbedaan bentuk interaksi sosial manusia sebelum dan sesudah wabah. Adanya teknologi yang memfasilitasi komunikasi massal secara jarak jauh dengan internet memungkinkan munculnya kerumunan manusia di dunia digital. Adanya perpindahan dari yang nyata ke virtual mendorong seniman untuk melihat juga posisi seni didalamnya. Digital Drawing dan Creative Coding dengan P5.js, merupakan medium yang digunakan dengan melihat relevansinya sebagai medium baru untuk karya yang membahas konsep dunia virtual. Dalam pengerjaan penulis membaca berbagai literatur dan mengamati keadaan kerumunan manusia di masa sebelum juga sesudah pandemi dan kemudian mendefinisikan kembali tipe kerumunan yang dijadikan fokus dalam karya. Kemudian, mempelajari Creative Coding sebagai media pilihan dalam menciptakan karya digital drawing menggunakan web editor P5.Js. Hasil akhir karya di setting ke dalam berbagai format display drawing sehingga dapat diterima oleh audiens yang lebih luas. Menggunakan media sosial, masyarakat dapat memiliki identitas baru dan menciptakan bentuk kerumunan berbeda. Penulis melihat kebebasan berindentitas menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi sifat kerumunan digital. Karya ini memiliki figur-figur yang digambarkan memiliki individualitas tinggi, terlihat sebagaimana para pemilik akun di media sosial bebas memanipulasi identitas mereka. Namun, keterbatasan interaksi dan sensasi juga dirasakan oleh penulis ketika berada di ruang sosial digital. Pergerakan monoton dan berulang yang diaplikasikan kepada gambar dengan Creative Coding, merepresentasikan hal tersebut. Kerumunan digital tidak dapat dengan sepenuhnya menggantikan sensasi kerumunan yang terjadi secara nyata. Melalui creative coding, penulis dapat membuat dan memindahkan karya ke wadah digital dan dapat memanfaatkan fitur – fitur yang ada baik dalam manipulasi karya dan publikasi karya. Interaksi antara karya dan pengamat pun dapat dilakukan.