Praktikum merupakan kegiatan penting dalam proses belajar di Sekolah Menengah
kejuruan (SMK). Hasil survei pada 17 guru SMK di daerah bandung mengatakan
bahwa persentase belajar sekitar 50% praktikum dan 50% teori. Survei tersebut
memiliki responden tertinggi sekitar 52,9%. Dapat disimpulkan bahwa praktikum
sangat penting dalam proses belajar di SMK. Sementara di masa covid-19 tidak
memungkinkan untuk bertatap muka dalam proses belajar mengajar di kelas kecuali
praktikum. Walaupun pemerintah memperbolehkan praktikum dapat dilakukan
bertatap muka sesuai dengan protokol covid-19, tapi masih saja ada yang terpapar
virus covid-19 akibat kegiatan praktikum di sekolah. Selain itu ketika praktikum
terdapat kendala diantaranya alat-alat praktikum yang kurang lengkap, kecelakaan
ketika praktikum dan peralatan praktikum yang rusak. Kemudian lulusan SMK
banyak tidak terserap industri dan akhirnya banyak yang menganggur. Dengan
kondisi tersebut penulis melakukan penelitian terkait simulasi praktikum dengan
menggunakan teknologi E-Learning.
E-learning merupakan teknologi informasi yang memanfaatkan komunikasi dalam
proses belajar mengajar secara online. E-learning banyak di gunakan dalam dunia
Pendidikan baik itu sekolah maupun universitas. E-learning memberikan solusi
pembelajaran yang fleksibel dan dapat memperluas jangkauan peserta didik. Pada
penelitian ini selain mengembangkan teknologi E-Learning juga mengembangkan
Web Service. Web Service di gunakan untuk media komunikasi antara Web ELearning Dan Aplikasi Virtual Praktikum 3D. Penelitian ini fokus penulis pada
pengembangan E-learning dan web service.
Aplikasi pada penelitian ini dinamakan SIMPRAG. SIMPRAG artinya simulasi
praktikum game. Tujuan dari pengembangan aplikasi SIMPRAG sebagai kegiatan
praktikum diantar nya memberikan kemudahan bagi guru dan siswa ketika praktikum,
mengurangi tatap muka di kelas, sebagai alat bantu praktikum, meningkatkan
pemahaman materi praktikum, memberikan pengalaman dan suasana berbeda.
Perpustakaan Digital ITB