digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Praktikum merupakan kegiatan penting dalam proses belajar di Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Hasil survei pada 17 guru SMK di daerah bandung mengatakan bahwa persentase belajar sekitar 50% praktikum dan 50% teori. Survei tersebut memiliki responden tertinggi sekitar 52,9%. Dapat disimpulkan bahwa praktikum sangat penting dalam proses belajar di SMK. Sementara di masa covid-19 tidak memungkinkan untuk bertatap muka dalam proses belajar mengajar di kelas kecuali praktikum. Walaupun pemerintah memperbolehkan praktikum dapat dilakukan bertatap muka sesuai dengan protokol covid-19, tapi masih saja ada yang terpapar virus covid-19 akibat kegiatan praktikum di sekolah. Selain itu ketika praktikum terdapat kendala diantaranya alat-alat praktikum yang kurang lengkap, kecelakaan ketika praktikum dan peralatan praktikum yang rusak. Kemudian lulusan SMK banyak tidak terserap industri dan akhirnya banyak yang menganggur. Dengan kondisi tersebut penulis melakukan penelitian terkait simulasi praktikum dengan menggunakan teknologi E-Learning. E-learning merupakan teknologi informasi yang memanfaatkan komunikasi dalam proses belajar mengajar secara online. E-learning banyak di gunakan dalam dunia Pendidikan baik itu sekolah maupun universitas. E-learning memberikan solusi pembelajaran yang fleksibel dan dapat memperluas jangkauan peserta didik. Pada penelitian ini selain mengembangkan teknologi E-Learning juga mengembangkan Web Service. Web Service di gunakan untuk media komunikasi antara Web ELearning Dan Aplikasi Virtual Praktikum 3D. Penelitian ini fokus penulis pada pengembangan E-learning dan web service. Aplikasi pada penelitian ini dinamakan SIMPRAG. SIMPRAG artinya simulasi praktikum game. Tujuan dari pengembangan aplikasi SIMPRAG sebagai kegiatan praktikum diantar nya memberikan kemudahan bagi guru dan siswa ketika praktikum, mengurangi tatap muka di kelas, sebagai alat bantu praktikum, meningkatkan pemahaman materi praktikum, memberikan pengalaman dan suasana berbeda.