digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Berpikir komputasional merupakan kemampuan yang sangat penting dikuasai pada saat ini. Berpikir komputasional bertujuan untuk membantu dalam penyelesaian masalah menggunakan konsep komputasi. Ada banyak kemajuan dalam berbagai bidang yang muncul akibat berpikir komputasional. Kemampuan tersebut bahkan mulai umum diajarkan kepada anak-anak usia dini. Network flow merupakan ilmu yang secara umum mempelajari cara memindahkan entitas dari suatu titik ke titik lain dalam jaringan secara efisien. Network flow sudah umum digunakan dalam berbagai bidang. Salah satu permasalahan penting dalam network flow adalah maximum flow problem yang bertujuan menentukan besar aliran maksimum yang dapat melalui sebuah jaringan. Metode pembelajaran yang interaktif masih jarang digunakan untuk memahami network flow. Padahal, metode seperti game-based learning sudah mulai sering digunakan untuk berbagai materi dan terbukti dapat mendorong pelajar untuk memahami pelajaran dengan lebih baik. Game-based learning memerlukan gim yang menarik untuk memaksimalkan hasil pembelajaran. Framework desain gim seperti MDA dapat digunakan untuk membantu dalam membuat gim yang menarik. Studi ini bertujuan membuat dan menguji gim untuk pembelajaran berpikir komputasional melalui studi kasus network flow. Gim dibuat menggunakan aplikasi Unity dengan metodologi Rapid Application Development. Didapat bahwa gim memiliki rata-rata skor rekomendasi 8,33 dan kelompok mahasiswa yang menggunakan gim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi pada pertanyaan studi kasus dibanding kelompok yang tidak memainkan gim. Namun, tidak ada perbedaan hasil pada siswa SMA. Hasil mengindikasikan bahwa gim yang dibuat cukup menarik dan efektif untuk membantu pembelajaran berpikir komputasional melalui network flow bagi mahasiswa, namun kurang efektif untuk siswa SMA.