Final project_ M. Fadhlan Ardiwinata _19218033.pdf)u
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Perkembangan industri pakaian jadi di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang terus
meningkat setiap tahunnya. Kemudian di era digital, Sistem Informasi dan Teknologi
mendorong para pengusaha pakaian jadi untuk dapat beradaptasi dan mengikuti
perkembangan zaman di industri ini. Pemanfaatan teknologi merupakan inovasi yang dapat
dilakukan oleh para pelaku bisnis pakaian jadi untuk tetap bertahan dalam persaingan yang
ketat. Website merupakan salah satu bentuk inovasi dalam penerapan teknologi untuk
mendukung kemajuan bisnis pakaian jadi yang sedang dijalani. Pembuatan website sendiri
merupakan investasi jangka panjang bagi sebuah perusahaan, karena tidak dapat dipungkiri
bahwa website merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi kepercayaan terhadap
brand itu sendiri. Bentuk investasi ini tentunya harus dilakukan dengan analisa yang bijak
agar tidak terjadi potensi yang justru merugikan brand apparel. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli pada produk pakaian
jadi melalui website di Indonesia. Kerangka kerja yang digunakan dalam penelitian ini
diadaptasi dari model UTAUT2. Model ini biasa digunakan untuk menguji faktor-faktor yang
mempengaruhi niat perilaku untuk menggunakan teknologi. Penelitian ini dilakukan secara
kuantitatif melalui pendekatan kuesioner yang diolah menggunakan PLS-SEM untuk
menguji hubungan antar variabel. Ada 244 responden yang mengisi kuesioner ini, dan cukup
untuk diolah menurut (Sarstedt et al., 2020). Usia responden dalam penelitian ini adalah 18-
30 tahun yang mengenal dan pernah membeli produk pakaian jadi melalui website. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan merupakan faktor yang paling berpengaruh
vi
terhadap niat beli konsumen pada website produk pakaian jadi. memengaruhi. Temuan ini
diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis apparel untuk merencanakan dan mengambil
keputusan terkait anggaran website dengan lebih bijak.
Perpustakaan Digital ITB