Penelitian ini menggunakan metode protokol verbal untuk menguji perbedaan
persepsi mental spasial antara mahasiswa dan dosen studio dan antara klien dan
desainer/arsitek, yang menyebabkan bias interpretasi antar kelompok responden
mengenai ruang interior. Persepsi individu dari dimensi ruang virtual ditangkap
oleh aplikasi 3D yaitu Associative Words Generator© (AWG©), yang
mengungkapkan kesan dari empat kelompok responden, menggunakan analisis
jaringan konsep asosiatif pada visualisasi ruang virtual dengan database 16.200 kata
asosiatif. Studi ini menunjukkan bahwa AWG© dapat mengurangi kesenjangan
perbedaan persepsi mental spasial selama kritik desain dan konsultasi desain.
Perbandingan hasil kata asosiatif yang dihasilkan selama citra mental non-VR dan
sesi VR (AWG©) menunjukkan bahwa kelompok siswa paling efektif
menggunakan VR. Kelompok dosen menunjukkan pemahaman menyeluruh
tentang desain interior dan arsitektur ruang dalam tanggapan mereka dalam sesi
Non-VR dan VR, yang menciptakan kesenjangan perbedaan mental spasial antara
mahasiswa dan dosen. Kelompok klien tidak berpengalaman dalam desain interior
dan arsitektur, menghasilkan hasil yang berbeda dari kelompok desainer/arsitek.
Dalam sesi VR, kelompok mahasiswa dan klien lebih mudah menerima visualisasi
yang dihasilkan oleh AWG, karena mereka memiliki lebih sedikit pengalaman dan
referensi daripada dosen dan desainer/arsitek pada saat menerima rangsangan
visualisasi ruang virtual AWG. Dosen dan kelompok desainer/arsitek memiliki
kesamaan pengalaman yang mempengaruhi ekspektasi mereka dalam merespon
visualisasi yang dihasilkan, sehingga sulit menerima rangsangan visualisasi ruang
virtual AWG.