Final Project_Glenito Yusuf Bagaskoro_19218061.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Permintaan konsumen akan barang dan jasa telah berkembang secara dramatis selama bertahun-tahun,
dan konsumsi masyarakat yang berlebihan ini menyebabkan banyak masalah bagi lingkungan dan
masyarakat. Terlepas dari kenyataan tersebut, kesadaran dan niat masyarakat untuk membeli produk
dan layanan berkelanjutan mulai meningkat dalam beberapa dekade terakhir, sebagai bentuk
kesadaran terhadap masalah yang ada. Namun, telah ditemukan bahwa peningkatan niat ini tidak
berubah menjadi pembelian aktual, penelitian sebelumnya telah menemukan korelasi yang buruk
antara sikap positif konsumen terhadap pembelian berkelanjutan dan perilaku pembelian aktual
mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
pembelian berkelanjutan konsumen dan menghasilkan rekomendasi pendekatan pemasaran dari
mereka, sehingga diharapkan dapat mendorong dan mengubah niat target pasar Dosoon untuk
menerapkan perilaku pembelian berkelanjutan menjadi kegiatan aktual. Survei telah dilakukan
terhadap 150 orang yang terdiri dari Milenial dan Generasi Z di Jabodetabek, Yogyakarta, dan
Bandung dengan menggunakan Social Cognitive Theory (SCT), dan Confirmatory Factor Analysis
(CFA) digunakan untuk menguji hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supportive Behavior
for Environmental Organizations dan Perceived knowledge tentang isu-isu keberlanjutan merupakan
dua faktor yang paling signifikan mempengaruhi perilaku konsumen yang berkelanjutan, selain itu,
Perceived Marketplace Influence merupakan satu-satunya variabel yang terbukti tidak berpengaruh
positif terhadap perilaku konsumen yang berkelanjutan. Temuan ini dapat dimanfaatkan untuk
menghasilkan rekomendasi pendekatan pemasaran bagi Dosoon dan UKM di Indonesia yang
menerapkan nilai keberlanjutan, dengan lebih memperhatikan variabel-variabel yang terbukti
memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian berkelanjutan konsumen
Perpustakaan Digital ITB