digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tanaman hias menjadi tren populer, terutama saat lockdown. Orang-orang lebih tertarik pada tanaman rumah daripada sebelumnya. Dan mereka yang belum pernah menanam sebelumnya atau yang menganggap diri mereka "kurang berkebun" secara bertahap mulai melakukannya. Fenomena ini memungkinkan Tanna Grow, sebuah startup houseplant yang berbasis di Bandung, untuk memasuki industri dan mendapatkan pasar yang prospektif untuk meningkatkan penjualan tanaman hias. Tanna Grow menghadapi masalah penjualan yang laporannya menggarisbawahi bahwa penjualan belum memenuhi angka penjualan yang telah ditentukan dan mayoritas pembeli tidak dari target yang diinginkan. Peneliti ingin mengetahui perilaku pembelian konsumen dari konsumen tanaman hias. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor perilaku pembelian konsumen yang membentuk keputusan pembelian dan rekomendasi untuk meningkatkan pemasaran pada industri tanaman hias. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan PLS-SEM sebagai teknik pengolahan data untuk menganalisis hubungan preferensi pelanggan, pengalaman pelanggan, dan harapan pelanggan. Data dikumpulkan dari 223 responden yang berdomisili di wilayah Bandung dan Jabodetabek berusia 25 hingga 60 tahun, yang diperoleh melalui kuesioner online. Temuan menunjukkan bahwa preferensi pelanggan dapat mempengaruhi keinginan mereka untuk produk atau layanan tertentu dalam perilaku pembelian dan harapan mendorong kontrol perilaku pembelian melalui peran penting. Sementara konsumen berat di industri tanaman hias ini mungkin lebih suka mengabaikan dan memutar balik pengalaman dalam perilaku pembelian tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pembelian konsumen pada industri tanaman hias dimulai dari pengetahuan mereka tentang tanaman hias, sumber mereka mendapatkan pengetahuan tentang tanaman, kemudian harapan mereka tentang tanaman memperkuat perilaku pembelian tanpa ditimbang oleh pengalaman mereka dan disarankan untuk harus memahami cara mereka menentukan harga, promosi produk dan iklan, serta masukan pelanggan dan preferensi pelanggan untuk meningkatkan pemasaran di industri tanaman hias.