Masa anak-anak merupakan fase emas untuk mempelajari hal baru melalui
aktivitas bermain dan belajar. Pada fase ini, anak-anak mulai dikenalkan tentang
ilmu-ilmu dasae di lingkup formal maupun informal. Dalam kurikulum Indonesia,
ilmu sejarah merupakan mata pelajaran wajib yang mempelajari seputar
pengetahuan sejarah dunia maupun sejarah bangsa Indonesia. Dengan
mengetahui asal usul jati diri bangsa Indonesia, diharapkan dapat menanamkan
jiwa nasionalisme. Tetapi, terdapat beberapa informasi menarik seputar sejarah
Indonesia yang tidak dibahas dalam buku pelajaran, salah satunya perihal gaya
busana pada masa pra-kemerdekaan Indonesia pada rentang tahun 1930-1940.
Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah wadah informasi untuk mengenalkan sejarah
bangsa Indonesia dengan media yang dirancang khusus untuk anak-anak. Media
yang dinilai berpotensi untuk meningkatkan minat anak-anak untuk belajar sejarah
berupa buku ensiklopedia dengan fitur pop-up dan permainan interaktif
didalamnya. Tujuan dari perancangan ini untuk meningkatkan minat anak-anak
terhadap sejarah Indonesia melalui pembahasan gaya busana sebagai topik
utamanya. Metodologi penelitian menggunkanan data berupa studi literatur,
kuesioner, observasi, dan perbandingan karya sejenis. Sedangkan metode
perancangan buku ensiklopedia pop-up interaktif ini terbagi ke dalam praproduksi,
produksi dan pascaproduksi. Berdasarkan data dan hasil analisis, banyak anakanak yang tertarik dengan perkembangan gaya busana khususnya di Indonesia
pada tempo dulu, namun tidak menemukan informasi yang membahas hal ini.
Berdasarkan hasil analisis data, dengan fitur pop-up interaktif, dan permainan
yang terdapat dalam rancangan ini, peneliti menilai cukup menjadi daya tarik bagi
target utama yaitu anak-anak. Buku Ensiklopedia Pop-Up Interaktif akan
memberikan wawasan sejarah seputar sejarah gaya busana pra-kemerdekaan
Indonesia dengan konsep yang menyenangkan melalui permainan dan mekanisme
yang terdapat pada perancangan ini.