digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Eldred Cristoval
PUBLIC Dewi Supryati

COVER Eldred Cristoval
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Eldred Cristoval
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Eldred Cristoval
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Eldred Cristoval
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Eldred Cristoval
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Eldred Cristoval
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Eldred Cristoval
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Eldred Cristoval
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT X merupakan perusahaan yang bergerak di industri online groceries. Pandemi COVID-19 membuat terjadinya pertumbuhan penjualan PT X sebanyak empat kali lipat per Mei 2019 hingga Mei 2020, namun tingkat retensi pelanggan tetap rendah. Hal ini disebabkan PT X kurang agile dalam mengatasi ekspektasi pelanggan yang tinggi dan cepat berubah, serta variabilitas stock keeping unit (SKU) atau produk yang tinggi. Untuk itu diperlukan strategi pengembangan agility bagi PT X berdasarkan penilaian tingkat maturitas agility organisasi dan proses bisnis. Penelitian diawali dengan penilaian tingkat maturitas agility organisasi PT X. Model maturitas agility organisasi yang digunakan adalah Gunsberg, dkk (2018). Didapat tingkat maturitas agility organisasi PT X adalah 2: agility organization. Berikutnya, dilakukan pemetaan proses bisnis inti menggunakan model PCF oleh APQC, dilanjutkan dengan penentuan proses bisnis kritis dan potensial untuk agile. Terpilihlah proses bisnis 3.1 Memahami pasar, pelanggan, dan kapabilitas, 3.2 Mengembangkan strategi pemasaran, dan 5.3 Mengantarkan produk segar kepada pelanggan akhir. Proses bisnis tersebut lalu dinilai tingkat maturitas agility-nya. Hasilnya adalah proses bisnis 3.1, 3.2, dan 5.3 dengan tingkat maturitas 1, 1, dan 2. Dari hasil penilaian tingkat maturitas agility organisasi dan proses bisnis, penelitian berfokus pada pengembangan tingkat maturitas agility proses bisnis 3.1 dan 3.2, dilanjutkan dengan organisasi. Hasilnya terdapat tiga usulan program strategis pengembangan tingkat maturitas agility proses bisnis, yaitu: 1. Pengembangan proses bisnis edge, 2. Pengembangan proses bisnis core, 3. Pengembangan sistem informasi proses bisnis 3.1 dan 3.2; serta lima usulan program strategis pengembangan tingkat maturitas agility organisasi, yaitu: 1. Pengembangan sistem informasi organisasi, 2. Pemetaan value stream dan pengembangan kontraktor, 3. Workshop organisasi, 4. Hackathon oganisasi, 5. Townhall.