digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP FAHMA WALUYA ROSMANSYAH 1.pdf ]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Melalui sebuah karya seni multidisiplin berbasis teknologi yang imersif, tertuang sebuah gagasan yang mengangkat mengenai pentingnya sifat refleksi diri dalam kehidupan manusia. Gagasan terefleksi melalui kebebasan kita saat masuk pada dunia simulasi dan dapat memilih alur cerita sesuai dorongan yang diinginkan tanpa diintervensi oleh siapapun. Semua dipilih dari dorongan keinginan personal yang ada kalanya terlintas dalam hidup kita, yaitu dengan konsep memilih dua pilihan tanpa adanya yang menghakimi. Media Virtual Reality dipilih karena dapat dianggap sebagai teknologi menyeluruh dengan adanya karya yang meliputi visual, audial, maupun secara emosional. Penggunaan teori mengenai representasi dengan visual surealisme pun diaplikasikan pada karya, hingga menjadi sebuah instalasi simulatif berupa permainan peran bawah sadar.