digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam penelitian terdahulu mengenai pembelajaran cerdas, terdapat berbagai riset yang telah merumuskan sejumlah metode pembelajaran efektif yang dapat diterapkan dalam berbagai layanan pembelajaran. Akan tetapi, pembelajaran untuk eksekutif memiliki berbagai tantangan tersendiri karena adanya keterbatasan waktu pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah framework pembelajaran cerdas menggunakan studi kasus pada platform Eduplatform. Permasalahan yang ingin dikaji adalah dampak smart learning bagi pengguna dengan mempertimbangkan aspek motivasi, performa, dan ketertarikan. Penelitian dilakukan menggunakan metode DSRM (Design Science Research Methodology) dengan mempertimbangkan aspek pembelajaran pada platform smart learning. Validitas pengujian framework pembelajaran cerdas dilakukan dengan analisis korelasi antara tingkat kecerdasan platform dengan kualitas pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah SLF (Smart Learning Framework) yang dapat digunakan oleh peneliti, pengembang, dan perekayasa dalam membuat platform pembelajaran cerdas. Dengan hasil koefisien r = 0,51 didapat korelasi positif antara smartness level dan quality of learning yang menjadi acuan kualitas platform pembelajaran cerdas.