Dalam penelitian terdahulu mengenai pembelajaran cerdas, terdapat berbagai riset yang telah
merumuskan sejumlah metode pembelajaran efektif yang dapat diterapkan dalam berbagai layanan
pembelajaran. Akan tetapi, pembelajaran untuk eksekutif memiliki berbagai tantangan tersendiri
karena adanya keterbatasan waktu pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah
mengembangkan sebuah framework pembelajaran cerdas menggunakan studi kasus pada platform
Eduplatform.
Permasalahan yang ingin dikaji adalah dampak smart learning bagi pengguna dengan
mempertimbangkan aspek motivasi, performa, dan ketertarikan. Penelitian dilakukan
menggunakan metode DSRM (Design Science Research Methodology) dengan
mempertimbangkan aspek pembelajaran pada platform smart learning. Validitas pengujian
framework pembelajaran cerdas dilakukan dengan analisis korelasi antara tingkat kecerdasan
platform dengan kualitas pembelajaran.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah SLF (Smart Learning Framework) yang dapat
digunakan oleh peneliti, pengembang, dan perekayasa dalam membuat platform pembelajaran
cerdas. Dengan hasil koefisien r = 0,51 didapat korelasi positif antara smartness level dan quality
of learning yang menjadi acuan kualitas platform pembelajaran cerdas.
Perpustakaan Digital ITB