digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ketatnya persaingan bisnis fashion di Indonesia, membuat tidak semua merek produk fashion lokal dapat diterima ataupun bertahan di tengah masyarakat. ‘Cotton Ink’ merupakan salah satu merek produk fashion lokal yang mampu bersaing dan menjadi populer. Berdasarkan hasil studi dokumentasi disebutkan bahwa Instagram menjadi media promosi online yang paling efektif dalam proses pemasaran ‘Cotton Ink’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh ‘Cotton Ink’, serta mengetahui pengaruh elemen visual fotografi dalam memperkuat strategi promosi ‘Cotton Ink’. Penelitian dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, focus group discussion, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis visual, dengan menggunakan pendekatan teori tentang elemen visual fotografi, fotografi fashion, dan gaya busana, kemudian dikaitkan dengan komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual fotografi yang terdiri dari tonal warna, jenis pengambilan gambar, arah pandang kamera, objek foto, latar, komposisi, aksesoris dan milineris, serta atribut busana, telah dimanfaatkan untuk memperkuat strategi promosi ‘Cotton Ink’ di Instagram. Dari hasil analisis juga diketahui bahwa konsumen mempunyai respon positif terhadap setiap elemen visual fotografi ‘Cotton Ink’ di Instagram. Melalui pemenuhan elemen visual fotografi pada Instagram, membuat konsumen memiliki ketertarikan visual dan rencana untuk membeli produk ‘Cotton Ink’.