Ketatnya persaingan bisnis fashion di Indonesia, membuat tidak semua merek
produk fashion lokal dapat diterima ataupun bertahan di tengah masyarakat.
‘Cotton Ink’ merupakan salah satu merek produk fashion lokal yang mampu
bersaing dan menjadi populer. Berdasarkan hasil studi dokumentasi disebutkan
bahwa Instagram menjadi media promosi online yang paling efektif dalam proses
pemasaran ‘Cotton Ink’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh ‘Cotton Ink’, serta mengetahui
pengaruh elemen visual fotografi dalam memperkuat strategi promosi ‘Cotton
Ink’.
Penelitian dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi, focus group discussion, studi dokumentasi,
dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis visual,
dengan menggunakan pendekatan teori tentang elemen visual fotografi, fotografi
fashion, dan gaya busana, kemudian dikaitkan dengan komunikasi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual fotografi yang terdiri dari
tonal warna, jenis pengambilan gambar, arah pandang kamera, objek foto, latar,
komposisi, aksesoris dan milineris, serta atribut busana, telah dimanfaatkan untuk
memperkuat strategi promosi ‘Cotton Ink’ di Instagram. Dari hasil analisis juga
diketahui bahwa konsumen mempunyai respon positif terhadap setiap elemen
visual fotografi ‘Cotton Ink’ di Instagram. Melalui pemenuhan elemen visual
fotografi pada Instagram, membuat konsumen memiliki ketertarikan visual dan
rencana untuk membeli produk ‘Cotton Ink’.