digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangat cepat. Peningkatan jumlah pengguna internet berdampak baik terhadap aksesibilitas untuk melakukan bisnis secara online. Social commerce merupakan jenis e- commerce yang sedang naik daun di media sosial, di mana belanja dan pembelian didorong melalui lingkungan jejaring sosial. Instagram telah menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia dan menjadi pilihan yang baik bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi online. Terdapat potensi besar bagi penjual online untuk menggunakan Instagram dalam mendapatkan lebih banyak pembeli. Potensi ini dapat dioptimalkan jika ada sebuah platform yang dapat mengoptimalkan pembeli dan penjual Instagram untuk bertemu dan memudahkan pembeli dalam membeli serta penjual dalam menjual. Social commerce untuk platform Instagram adalah solusi untuk masalah penjual dan pembeli di Instagram dengan menggunakan sistem teknologi, terutama untuk industri e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dengan tiga puluh penjual Instagram. Hasil wawancara dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan variabel kanvas model bisnis dan prinsip desain social commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan pengembangan pelanggan untuk platform social commerce di Instagram. Temuan mengungkapkan bahwa pengguna Instagram tertarik untuk membeli produk langsung dari aplikasi dan lebih suka produk yang menarik secara visual yang mencerminkan gaya pribadi mereka. Studi ini mengusulkan strategi pemasaran yang menargetkan persona pelanggan yang diidentifikasi, yang mencakup memanfaatkan influencer media sosial, membuat konten visual yang menarik, dan menawarkan rekomendasi produk yang dipersonalisasi. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi bisnis yang ingin menetapkan kehadiran di Instagram dan memanfaatkan tren social commerce yang sedang berkembang.