DKI Jakarta menindaklanjuti penyebaran COVID-19 dengan menerapkan
Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta sejak tanggal
10 April 2020, yang dilanjutkan oleh masa PSBB Transisi pada 5 Juni 2020.
Penyesuaian pun dilakukan di bidang transportasi, khususnya transportasi publik,
dengan kebijakan berupa pelayanan serta penyediaan fasilitas untuk pesepeda.
Bersepeda sendiri dapat menjadi alternatif moda transportasi selama diterapkan
physical distancing. Selain karakteristik sosial-ekonomi dan karakteristik
pergerakan, ketersediaan dan kualitas infrastruktur juga dapat mempengaruhi
pilihan seseorang untuk bersepeda. Penelitian ini memiliki tujuan penelitian yaitu
untuk merumuskan rekomendasi pengembangan prasarana untuk mendukung
penggunaan sepeda sebagai alternatif moda transportasi di DKI Jakarta pada masa
PSBB Transisi. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan pengumpulan data
dengan kuesioner dan observasi yang diolah menggunakan analisis statistik
dekriptif untuk melihat perbandingan persepsi terkait penggunaan transportasi
publik dan sepeda, analisis asosiasi untuk melihat variabel yang secara signifikan
memiliki hubungan pada ketertarikan penggunaan bersepeda, dan deskriptif
kualitatif untuk menganalisis kondisi eksisting jalur sepeda yang ada. Sebagai
hasil akhir, persepsi responden mendukung hasil observasi bahwa jalur sepeda
yang ada sekarang masih belum memadai. Terlepas dari persepsi responden yang
menilai sepeda masih belum lebih baik dibandingkan transportasi publik DKI
Jakarta, 61,6% responden tertarik berpindah menggunakan sepeda. Variabel yang
secara signifikan memiliki hubungan pada keputusan ini adalah usia, pekerjaan,
pendapatan dan pengeluaran, kebiasaan bersepeda, jarak, nilai transportasi publik
untuk “keselamatan dari penyebaran COVID-19”, waktu perjalanan sepeda, dan
nilai sepeda untuk “kenyamanan”. Jika dilihat dari segi pengembangan
infrastruktur dan kebijakan, maka variabel yang dapat diintervensi adalah
peningkatan kenyamanan bersepeda. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner
persepsi responden, rekomendasi yang dapat dilakukan untuk mencapai hal
tersebut adalah dengan memperketat penertiban lalu lintas untuk memprioritaskan
penggunaan sepeda, melakukan perbaikan jalur sepeda, dan mengintegrasikan
penggunaan sepeda dengan transportasi massal yang didukung dengan penyediaan
komponen pendukung.
Perpustakaan Digital ITB