BAB 1 Tasha Sakinah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Tasha Sakinah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Tasha Sakinah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Tasha Sakinah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Tasha Sakinah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Tasha Sakinah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Tasha Sakinah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
E-commerce di Indonesia khususnya sektor online grocery saat ini merupakan
industri yang memiliki laju pertumbuhan tercepat di dunia. Persentase penjualan
yang masih rendah pada sektor tersebut menunjukkan bahwa terdapat peluang
pertumbuhan yang besar bagi perusahaan pada industri online grocery. PT. X
merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang menjual produk segar. Sejak
berdiri PT. X terus mengalami pertumbuhan, namun saat ini tingkat persaingan
semakin meningkat sehingga dapat mengancam posisi PT. X pada pasar. Bagi PT.
X salah satu faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan tersebut adalah fungsi
pemasaran, namun saat ini strategi pemasaran yang digunakan belum sesuai.
Pada penelitian ini digunakan model tahap pertumbuhan organisasi oleh Daft
(2010) untuk mengidentifikasi karakteristik organisasi saat ini. Selanjutnya
karakteristik tersebut dikaitkan dengan karakteristik strategi pemasaran PT. X saat
ini sesuai dengan model konseptual oleh Sari dan Andriani (2020). Jenis riset dan
data yang dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik organisasi dan pemasaran
adalah riset kualitatif yaitu studi kasus dengan data kualitatif yang diperoleh
melalui in-depth interview. Analisis kesenjangan antara strategi pemasaran saat ini
dan strategi pemasaran ideal yang sesuai model konseptual digunakan sebagai dasar
untuk menentukan arah pengembangan strategi pemasaran pada PT. X.
Selanjutnya dilakukan penelitian lanjutan yang sesuai dengan arah pengembangan
pemasaran sehingga diperoleh strategi pemasaran yang sesuai untuk PT. X.
Hasil analisa berdasarkan data riset kualitatif menunjukkan bahwa PT. X perlu lebih
fokus untuk melakukan strategi retensi pelanggan. Hal yang dapat dilakukan adalah
dengan menawarkan program loyalitas pelanggan untuk pelanggan loyal PT. X.
Maka penelitian lanjutan dilakukan melalui riset kuantitatif untuk mengidentifikasi
preferensi pelanggan loyal PT. X terkait program loyalitas pelanggan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pelanggan loyal PT. X memiliki preferensi tertentu
terkait struktur program dan struktur reward pada program loyalitas pelanggan.
Perpustakaan Digital ITB