digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dunia yang terus berubah membuat orang dewasa harus terus belajar, namun orang dewasa sering mengalami kesulitan belajar karena memiliki prioritas lain seperti bekerja dan berkeluarga. ELearning cocok dengan pembelajaran untuk orang dewasa karena orang dewasa dapat belajar sambil melakukan hal lain. Namun, untuk memenuhi persyaratan pembelajaran orang dewasa, eLearning harus disesuaikan dengan teori pembelajaran orang dewasa. Interaksi dan kolaborasi adalah kunci penting untuk pembelajaran orang dewasa. Dalam beberapa tahun terakhir, Mobile Instant Messaging (MIM) telah menjadi platform penting untuk komunikasi dan pertukaran informasi. MIM juga telah banyak digunakan dalam dunia pendidikan, namun penggunaannya dalam pendidikan orang dewasa masih belum diketahui. Dalam penelitian ini, rancangan platform eLearning yang dihasilkan bertindak sebagai penghubung antara fasilitator dan siswa dengan informasi, alat, dan sumber daya untuk menopang dan meningkatkan keaktifan pelajar dewasa dalam pembelajaran kolaboratif. Pertanyaan penelitian yang akan dijawab melalui tesis ini, yaitu bagaimana merancang platform eLearning berbasis MIM dengan menerapkan prinsip andragogi dan karakteristik pelajar dewasa, serta bagaimana dampak pengalaman menggunakan platform eLearning terhadap keinginan untuk terlibat aktif dalam pembelajaran kolaboratif. Perancangan platform eLearning menghasilkan prototipe platform eLearning dengan hasil uji kinerja platform masih jauh dari waktu respon yang dapat diterima, dan uji kegunaan menghasilkan nilai efektivitas 88%, efisiensi 81%, dan kepuasan menggunakan SUS sebesar 74.3. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengalaman menggunakan platform eLearning berpengaruh signifikan pada keinginan pelajar dewasa untuk terlibat pada pembelajaran kolaboratif.