Dunia yang terus berubah membuat orang dewasa harus terus belajar, namun orang
dewasa sering mengalami kesulitan belajar karena memiliki prioritas lain seperti
bekerja dan berkeluarga. ELearning cocok dengan pembelajaran untuk orang
dewasa karena orang dewasa dapat belajar sambil melakukan hal lain. Namun,
untuk memenuhi persyaratan pembelajaran orang dewasa, eLearning harus
disesuaikan dengan teori pembelajaran orang dewasa. Interaksi dan kolaborasi
adalah kunci penting untuk pembelajaran orang dewasa. Dalam beberapa tahun
terakhir, Mobile Instant Messaging (MIM) telah menjadi platform penting untuk
komunikasi dan pertukaran informasi. MIM juga telah banyak digunakan dalam
dunia pendidikan, namun penggunaannya dalam pendidikan orang dewasa masih
belum diketahui. Dalam penelitian ini, rancangan platform eLearning yang
dihasilkan bertindak sebagai penghubung antara fasilitator dan siswa dengan
informasi, alat, dan sumber daya untuk menopang dan meningkatkan keaktifan
pelajar dewasa dalam pembelajaran kolaboratif. Pertanyaan penelitian yang akan
dijawab melalui tesis ini, yaitu bagaimana merancang platform eLearning berbasis
MIM dengan menerapkan prinsip andragogi dan karakteristik pelajar dewasa, serta
bagaimana dampak pengalaman menggunakan platform eLearning terhadap
keinginan untuk terlibat aktif dalam pembelajaran kolaboratif. Perancangan
platform eLearning menghasilkan prototipe platform eLearning dengan hasil uji
kinerja platform masih jauh dari waktu respon yang dapat diterima, dan uji
kegunaan menghasilkan nilai efektivitas 88%, efisiensi 81%, dan kepuasan
menggunakan SUS sebesar 74.3. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengalaman
menggunakan platform eLearning berpengaruh signifikan pada keinginan pelajar
dewasa untuk terlibat pada pembelajaran kolaboratif.
Perpustakaan Digital ITB