digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Perancangan dunia fiktif merupakan aksi yang dilakukan oleh penulis untuk mendeskripsikan dunia fiktif yang digunakan dalam suatu karya. Banyaknya informasi yang saling terhubung membuat penulis mengalami tantangan dalam mengatur, memahami, dan menavigasi dokumentasi dunia fiktif. Dalam proyek kolaboratif, penulis juga dapat mengalami miskomunikasi dengan penulis lainnya. Tugas akhir ini mengusulkan suatu solusi berupa perangkat lunak bernama NOVA yang membantu penulis membuat visualisasi graf secara kolaboratif. Survei dan wawancara dengan perancang dunia fiktif dilakukan untuk mendapatkan kebutuhan calon pengguna. 4+1 view model digunakan untuk merancang desain arsitektur sistem. NOVA dibuat menggunakan metodologi SDLC, dengan pendekatan pengembangan iteratif dan model evolutionary prototyping. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa visualisasi graf dapat membantu pengguna memahami, mengatur dan menavigasi dokumentasi dunia fiktif. Hasil dari comprehension testing menunjukkan bahwa visualisasi graf mengurangi waktu yang dibutuhkan pengguna untuk memahami hubungan antar entitas naratif. Usability testing yang telah dilakukan dengan metode SUS memberikan skor rata-rata sebesar 85,68 yang jatuh pada kategori "Excellent" yang menandakan bahwa NOVA memiliki pengalaman pengguna yang baik dan mudah digunakan ketika mengatur informasi. Selain itu, penguji menyampaikan dalam post-test yang dilakukan setelah pengujian bahwa NOVA membantu dirinya menavigasi dokumentasi dunia fiktif. Penguji juga menyatakan bahwa NOVA dapat menjadi acuan bersama yang membantu menyatukan visi dan misi penulis serta mencegah terjadinya miskomunikasi.