digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TA PP AMIRA YASMIN 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Manusia merupakan makhluk sosial yang memerlukan interaksi dengan sesamanya sebagai salah satu kebutuhan hidupnya. Akan tetapi, tidak setiap orang memiliki sifat dasar ataupun kemampuan bersosialisasi yang sama, dan tidak setiap orang mampu menerima orang lain dalam lingkungan pertemanannya dengan mudah. Kadang kala pula, seorang individu memutuskan untuk menjauh dari orang lain atas alasan pribadi. Dalam kondisi seperti itu, individu tersebut dapat membayangkan sosok imajiner untuk memenuhi kebutuhan sosialnya. Sosok imajiner ini, yang lebih umum disebut ‘teman imajiner’, biasanya dikaitkan dengan anak-anak, namun sebenarnya juga dapat terjadi pada orang dewasa. Penulis merupakan salah seorang yang mengalami kejadian tersebut sehingga akhirnya menciptakan sesosok teman imajinasi bernama Shino yang berperan sebagai pendukung dan penyemangat bagi penulis. Terinspirasi dari pengalaman tersebut, penulis berkeinginan untuk membuat perwujudan fisiknya di dunia nyata dalam bentuk aplikasi interaktif menyerupai video game, yang akan diberi judul “Shino: Teman Imajinasi” Karya ini akan dibuat menggunakan aplikasi RPG Maker MV didukung Live2D Cubism, dan dikembangkan berdasarkan teori psikologi Donald W. Winnicott yang dibatasi oleh teori fungsi seni menurut Edmund B. Feldman. Melalui karya tersebut, penulis hendak menyampaikan pesan bahwa teman imajiner dapat dimanfaatkan sebagai media terapi, sumber motivasi, dan jembatan bagi individu yang bermasalah untuk berkomunikasi dan terhubung dengan dunianya.