2020 TA PP AMIRA YASMIN 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Manusia merupakan makhluk sosial yang memerlukan interaksi dengan sesamanya
sebagai salah satu kebutuhan hidupnya. Akan tetapi, tidak setiap orang memiliki
sifat dasar ataupun kemampuan bersosialisasi yang sama, dan tidak setiap orang
mampu menerima orang lain dalam lingkungan pertemanannya dengan mudah.
Kadang kala pula, seorang individu memutuskan untuk menjauh dari orang lain
atas alasan pribadi. Dalam kondisi seperti itu, individu tersebut dapat
membayangkan sosok imajiner untuk memenuhi kebutuhan sosialnya. Sosok
imajiner ini, yang lebih umum disebut ‘teman imajiner’, biasanya dikaitkan dengan
anak-anak, namun sebenarnya juga dapat terjadi pada orang dewasa. Penulis
merupakan salah seorang yang mengalami kejadian tersebut sehingga akhirnya
menciptakan sesosok teman imajinasi bernama Shino yang berperan sebagai
pendukung dan penyemangat bagi penulis.
Terinspirasi dari pengalaman tersebut, penulis berkeinginan untuk membuat
perwujudan fisiknya di dunia nyata dalam bentuk aplikasi interaktif menyerupai
video game, yang akan diberi judul “Shino: Teman Imajinasi” Karya ini akan
dibuat menggunakan aplikasi RPG Maker MV didukung Live2D Cubism, dan
dikembangkan berdasarkan teori psikologi Donald W. Winnicott yang dibatasi oleh
teori fungsi seni menurut Edmund B. Feldman. Melalui karya tersebut, penulis
hendak menyampaikan pesan bahwa teman imajiner dapat dimanfaatkan sebagai
media terapi, sumber motivasi, dan jembatan bagi individu yang bermasalah untuk
berkomunikasi dan terhubung dengan dunianya.