Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan storytelling Tokopedia di YouTube
pada perilaku pelanggan terhadap brand Tokopedia. Sebagaimana perusahaan atau merek
menghabiskan banyak dana untuk pemasaran, mereka perlu memahami lebih baik bagaimana
iklan dapat mempengaruhi pelanggan seperti yang mereka inginkan. Iklan storytelling saat ini
telah menjadi sebuah alat inovatif dalam periklanan yang dapat digunakan sebuah merek
dengan tujuan untuk terlihat berbeda. Tokopedia sebagai salah satu e-commerce terkemuka
saat ini juga sudah mulai menggunakan strategi iklan storytelling ini untuk melakukan promosi
terkait tagar #MulaiAjaDulu dan menggunakan YouTube, salah satu media online terpopuler
saat ini, sebagai media utama dalam menjalankan iklan storytelling mereka. Variabel-variabel
yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah affective reaction, cognitive
evaluation, attitude towards the ads dan yang terakhir adalah attitude towards the brand
sebagai variable dependen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode survei dan form kuisioner sebagai alatnya. Sementara itu, data yang
terkumpul diolah menggunakan PLS-SEM sebagai metode analisis data dengan SmartPLS
sebagai perangkat lunak dalam menjalankan analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa iklan storytelling Tokopedia di Youtube, yang mempromosikan tagar #MulaiAjaDulu,
mempunyai efek yang signifikan dan positive pada perilaku pelanggan terhadap brand
Tokopedia.
Perpustakaan Digital ITB