digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan storytelling Tokopedia di YouTube pada perilaku pelanggan terhadap brand Tokopedia. Sebagaimana perusahaan atau merek menghabiskan banyak dana untuk pemasaran, mereka perlu memahami lebih baik bagaimana iklan dapat mempengaruhi pelanggan seperti yang mereka inginkan. Iklan storytelling saat ini telah menjadi sebuah alat inovatif dalam periklanan yang dapat digunakan sebuah merek dengan tujuan untuk terlihat berbeda. Tokopedia sebagai salah satu e-commerce terkemuka saat ini juga sudah mulai menggunakan strategi iklan storytelling ini untuk melakukan promosi terkait tagar #MulaiAjaDulu dan menggunakan YouTube, salah satu media online terpopuler saat ini, sebagai media utama dalam menjalankan iklan storytelling mereka. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah affective reaction, cognitive evaluation, attitude towards the ads dan yang terakhir adalah attitude towards the brand sebagai variable dependen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dan form kuisioner sebagai alatnya. Sementara itu, data yang terkumpul diolah menggunakan PLS-SEM sebagai metode analisis data dengan SmartPLS sebagai perangkat lunak dalam menjalankan analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan storytelling Tokopedia di Youtube, yang mempromosikan tagar #MulaiAjaDulu, mempunyai efek yang signifikan dan positive pada perilaku pelanggan terhadap brand Tokopedia.