ABSTRAK Rachmasari Adinda
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Artificial intelligence membawa dampak perubahan yang sangat besar bagi
customer. Salah satu teknologi artificial intelligence yang saat ini sering dijumpai
adalah chatbot. Chatbot adalah layanan digital yang dapat digunakan dengan cara
chatting. Dengan menggunakan chatbot, pelayanan pelanggan dapat menjadi lebih
efisien karena chatbot mampu menjawab pertanyaan sederhana yang diberikan oleh
pelanggan. Adapun hasil studi pendahuluan yang diperoleh, ditemukan bahwa
masih terdapat permasalahan pada masing-masing pemangku kepentingan yaitu
perusahaan pengembang chatbot, perusahaan yang menjadi klien chatbot, dan
pelanggan yang mengonsumsi chatbot. Diketahui bahwa berdasarkan
penggolongan atribut tipe experience terdapat akumulasi jumlah masalah terbesar
pada ‘sense of fulfillment’ yang merupakan pemenuhan kebutuhan pelanggan dalam
menggunakan layanan. Maka dari itu, peneliti melakukan perancangan usulan
solusi terhadap customer experience pada chatbot dalam rangka memenuhi
kebutuhan pelanggan. Selanjutnya dipilih chatbot Veronika Telkomsel sebagai
studi kasus dalam penelitian ini.
Pada penelitian ini, peneliti melakukan verifikasi persona, penyusunan skenario
customer experience, pemetaan customer journey map, identifikasi moment of
truth, identifikasi prioritas atribut moment of truth. Identifikasi prioritas atribut
moment of truth tersebut dilakukan dengan melakukan identifikasi pada atribut
moment of truth dengan menggunakan kategori Kano serta mengidentifikasi potensi
masalah dari pihak internal perusahaan. Selanjutnya, dilakukan pemilihan urutan
prioritas ranking pada atribut moment of truth berdasarkan wawancara dengan
pihak internal perusahaan. Selanjutnya, analisis perancangan usulan solusi
perbaikan customer experience pada chatbot dilakukan pada satu atribut moment of
truth yang terpilih dan dinilai memiliki tingkat urgensi yang tinggi. Adapun usulan
solusi perbaikan tersebut pada user interface design untuk pengaturan jenis bahasa
Veronika serta optimasi kapasitas database Veronika.
Perpustakaan Digital ITB