2020 TA PP INDIGO JENAR RACHMAN 1.pdf
]
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Melalui seni, banyak sekali tema-tema dan konsep yang dapat dibawakan oleh
seniman-seniman melalui medium seperti lukisan, patung, dan bahkan mediummedium
baru seperti animasi. Akan tetapi, ada beberapa konsep dan tema yang
dapat lebih efektif jika mereka dipresentasikan melalui medium interaktif
ketimbang medium-medium seni tersebut. Salah satu tema yang dapat dibawa
melalui medium interaktif ini adalah rutinitas dan kejenuhan sebuah kehidupan
keseharian. Medium interaktif yang digunakan penulis adalah video game,
mengambil bahasa game tersebut untuk meletakkan seorang penonton di dalam
sebuah karakter dan memainkannya. Tema rutinitas akan dipresentasikan di dalam
video game dengan meminjam bahasa video game secara umum, menggunakan
aspek-aspek seperti dialog, level, dan progresi secara unik.
Melalui medium video game, pemain dapat berempati dengan seorang karakter
yang sama sekali berbeda dari sang pemain, dimulai dari masa lalu dia dan
pengalaman hidupnya. Namun, melalui pengalaman interaktif, kita dapat
berempati dengan dia dan terbawa di dalam dunia emosionalnya.
Karya ini adalah sebuah video game yang akan menceritakan suatu narasi,
menggambarkan sebuah dunia kecil dan seorang protagonis tanpa nama yang
hidup di dalamnya. Dia akan melalui rutinitas keseharian dia tanpa perubahan
sedikitpun. Tentu saja melalui permainan, kita dapat sedikit memberontak sedikit
dan mematahkan rutinitas tersebut. Melalui karya ini, penulis berharap para
pemain akan mendapatkan sebuah perspektif baru terhadap kehidupan, serta
bagaimana kita dapat mewarnai hidup kita dengan berjalan keluar dari zona
nyaman kita.