digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TA PP INDIGO JENAR RACHMAN 1.pdf ]
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Melalui seni, banyak sekali tema-tema dan konsep yang dapat dibawakan oleh seniman-seniman melalui medium seperti lukisan, patung, dan bahkan mediummedium baru seperti animasi. Akan tetapi, ada beberapa konsep dan tema yang dapat lebih efektif jika mereka dipresentasikan melalui medium interaktif ketimbang medium-medium seni tersebut. Salah satu tema yang dapat dibawa melalui medium interaktif ini adalah rutinitas dan kejenuhan sebuah kehidupan keseharian. Medium interaktif yang digunakan penulis adalah video game, mengambil bahasa game tersebut untuk meletakkan seorang penonton di dalam sebuah karakter dan memainkannya. Tema rutinitas akan dipresentasikan di dalam video game dengan meminjam bahasa video game secara umum, menggunakan aspek-aspek seperti dialog, level, dan progresi secara unik. Melalui medium video game, pemain dapat berempati dengan seorang karakter yang sama sekali berbeda dari sang pemain, dimulai dari masa lalu dia dan pengalaman hidupnya. Namun, melalui pengalaman interaktif, kita dapat berempati dengan dia dan terbawa di dalam dunia emosionalnya. Karya ini adalah sebuah video game yang akan menceritakan suatu narasi, menggambarkan sebuah dunia kecil dan seorang protagonis tanpa nama yang hidup di dalamnya. Dia akan melalui rutinitas keseharian dia tanpa perubahan sedikitpun. Tentu saja melalui permainan, kita dapat sedikit memberontak sedikit dan mematahkan rutinitas tersebut. Melalui karya ini, penulis berharap para pemain akan mendapatkan sebuah perspektif baru terhadap kehidupan, serta bagaimana kita dapat mewarnai hidup kita dengan berjalan keluar dari zona nyaman kita.