digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Atya Zahra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Atya Zahra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Atya Zahra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Atya Zahra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Atya Zahra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Atya Zahra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Hotel Utari adalah hotel non bintang yang terletak di kawasan Dago, Bandung, Jawa Barat. Perusahaan terlah beroperasi sejak 1979. Jumlah penawaran kamar hotel di Bandung diperkirakan meningkat 3% di tahun 2019,dan 4% di tahun 2019-2022 (JLL, 2019). Sebaliknya, jumlah kedatang wisatawan asing dengan transportasi udara ke Bandung menurun 6,9% y-o-y di 2018 (BPS, 2018). Ketidakseimbangan permintaan dan penawaran ini mengancam bisnis Hotel Utari. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisa lingkungan eksternal dan internal, merancang strategi bisnis dan membuat rencana implementasi untuk Hotel Utari Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode gabungan melalui wawancara kepada pemangku kepentingan industri hotel dan kuesioner kepada calon pelanggan. Analisa lingkungan eksternal dilakukan menggunakan analisa PESTEL, Porter’s Five Forces, dan analisa kompetitor. Analisa internal perusahaan dilakukan dengan Value Chain, analisa VRIO, dan Bisnis Model Kanvas. Di akhir, formulasi strategi bisnis dilakukan menggunakan analisa SWOT, Porter Generic Strategies, Strategy Diamond Framework, dan Bisnis Model Kanvas. Menggunakan Porter Generic Strategies, strategi bisnis yang diusulkan untuk Hotel Utari adalah differentiation, dengan menjadi hotel bintang. Rencana implementasi untuk strategi bisnis tersebut meliputi renovasi, penambahan tenaga marketing dan kanal digital, dan menaikkan harga kamar.