digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini, pemasaran Instagram berkembang pesat dengan sistem dukungan yang dilakukan oleh Selebgram. Promosi produk perawatan kuliy adalah salah satu sektor promosi yang populer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penampilan wajah Selebgram pada niat keterlibatan pelanggan dari unggahan promosi perawatan kulit berdasarkan model sikap tri-komponen. Penelitian ini melakukan pengembangan kuesioner dimana pertanyaan disusun berdasarkan model tri-komponen (Schiffman & Kanuk, 2004) penelitian ini menggunakan item pertanyaan yang telah digunakan oleh Makanyeza (2014) menggunakan Skala Likert dilanjutkan dengan pengumpulan data dari 370 responden kuesioner dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan Uji Deskriptif, Analisis Uji Komparatif, dan Regresi Linier Berganda (MLR). Studi ini menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam sikap antara posting dukungan perawatan kulit di Instagram yang menampilkan wajah Selebgram dan yang tanpa, temuan lain adalah bahwa kedua variabel kepercayaan dan perasaan secara signifikan terkait dengan niat keterlibatan pelanggan pada unggahan promosi mengesampingkan fakta apakah mereka tampilkan wajah pendukung atau tidak. Studi ini seharusnya digunakan oleh para praktisi dan akademisi untuk memberikan wawasan baru dan mengarahkan inovasi pemasaran baru di Instagram terkait bidang ini.