digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Aktivitas investasi di Indonesia berkembang pesat dan menjadi semakin populer. Investasi dikenal sebagai aktivitas keuangan yang mencakup pembelian aset seperti obligasi, saham, real estat, dan jenis instrumen investasi lainnya. Kegiatan ini mulai populer di kalangan generasi muda. Investasi dianggap berhasil ketika investor mendapatkan hasil investasi yang baik, namun pada nyatanya tidak semua orang bisa mendapatkan pengembalian investasi yang tinggi. dibutuhkan pengetahuan yang luas untuk dapat mengalahkan pasar.oleh sebab itu maka diperlukan penelitian untuk melihat detrminan yang dapat meningkatkan hasil investasi. Untuk menemukan determinan tersebut kami melakukan studi literatur dan memilih literasi keuangan dan tingkat kepercayaan sebagai variabel model. Model yang diusulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model regresi logistik dengan data yang didapat dari 445 Millennials di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini cocok untuk menjelaskan literasi keuangan, tingkat kepercayaan, dan hasil investasi. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan masuk kedalam kategori rendah di antara generasi milenial; pria cenderung memiliki pengetahuan yang lebih tinggi daripada wanita. Selain itu, beberapa variabel demografis memiliki dampak positif pada hasil investasi seperti jenis kelamin, usia, pengeluaran investasi bulanan, dan profil risiko. Selain itu, tingkat literasi keuangan juga memiliki dampak positif pada hasil investasi. Temuan terakhir kami menunjukkan hasil yang bertentangan,dari penelitian sebelumnya dimana investor yang terlalu percaya diri dalam penelitian ini memiliki hubungan yang positif dengan hasil investasi. Kondisi ini mungkin terjadi karena investor yang terlalu percaya diri pada penelitian ini memiliki pengetahuan yang memadai tentang literasi.