digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada zaman ini, terdapat banyak organisasi di dunia. Menurut Business Dictionary, organisasi adalah sekelompok orang yang terstruktur and teratur demi mencapai sebuah tujuan. Organisasi memiliki sebuah struktur manajemen yang menggabarkan hubungan antara pekerjaan dan anggota, tugas yang diberikan, tanggung jawab, dan otoritas. Dari definisi tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa setiap organisasi harus diatur untuk mencapai tujuan mereka dengan baik. Secara umum, alas an mengapa banyak orang mendirikan sebuah organisasi adalah karena orang-orang yang ada di dalam organisasi memiliki kesamaan visi dan misi, serta memiliki kemauan untuk melakukan sebuah aktivitas untuk mencapai tujuan tertentu. Terlebih lagi, itu juga merupakan alasan mengapa banyak orang memiliki bisnis yang berjalan di berbagai unit. Bisnis adalah sebuah organisasi yang didirikan untuk memproduksi jasa dan produk. Tujuan dalam mendirikan bisnis adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat and mengatur orangorang di dalamnya untuk mengerjakan aktivitas (W. Griffin & J. Ebert, 1996). Untuk membuat semua orang di dalam sebuah bisnis memiliki performa yang bagus dan arahan pekerjaan yang baik, diperlukannya sebuah struktur organisasi yang baik dalam bisnis tersebut. Struktur organisasi mendeskripsikan bagaimana sebuah aktivitas berjalan, koordinasi, pengambilan porsi kerja, dan pengawasan yang sesusi demi keberhasilan sebuah organisasi (Pugh, 1990). Setiap organisasi terdiri dari sekelompok orang yang memberikan kontribusi. Peran dalam bekerja harus diberikan dengan jelas dan harus menjelaskan tentang apa yang meereka lakukan, termasuk batasan kerja, tujuan organisasi, dan peraturan untuk mengerjakan tugas (Stockley, 2014). Sebagai tambahan, peran seseorang di dalam organisasi dapat dijelaskan lebih di dalam deskripsi pekerjaan dan juga spesifikasi pekerjaan melalui analisa pekerjaan. Salah satu bisnis yang ada di Indonesia adalah Coffee Shop dan mereka juga ada di banyak kota di Indonesia. Coffee Shop (toko kopi) juga merupakan sebuah unit bisnis yang ada dalam bentuk atau skala besar yang terdiri dari banyak pekerja yang harus diatur dalam ranah struktur organisasi, deskripsi pekerjaan, otoritas, dan jumlahnya. Peneliti telah memilih satu toko kopi di Bandung sebagai objek penelitian ini, dan nama dari toko kopi tersebut adalah 372 Kopi Dago Pakar. Agar dapat tetap bersaing dengan toko kopi lainnya di Bandung, 372 Kopi Dago Pakar perlu menetapkan sebuah standardisasi dalam jasa dan kualitas produk mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mencari solusi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deskripsi pekerjaan, pesifikasi jabatan, dan efektivitas performa pekerja yang ada pada 372 Kopi Dago Pakar serta mencari Analisa jabatan yang cocok untuk 372 Kopi Dago Pakar. Secara keseluruhan, metode yang digunakan pada penelitian ini mencakup wawancara, observasi, serta kuesioner dengan beberapa pegawai dan manajer di organisasi tersebut