Komponen atau struktur laminat pada pesawat sangat beresiko terhadap dampak yang diakibatkan oleh mekanisme pembebanan mekanik pada saat masa perawatan maupun penerbangan. Hal yang penting perlu diketahui pada penggunaan Carbon Fibre Reinforced Composite struktur pesawat adalah terjadinya beban impact kecepatan rendah (Low Velocity Impact - LVI) yang sering menyebabkan terjadinya kerusakan tidak terlihat secara visual (Barely Visible Impact Damage - BVID) tetapi terjadi kerusakan yang signifikan di bagian dalam struktur berupa delaminasi antar lapisan. Dengan Through Transmission Ultrasonic – TTU sebagai pengujian Non Destructive Inspection dapat diketahui besar kerusakan akibat impact di bagian dalam struktur.
Dampak kerusakan delaminasi dapat menyebabkan penurunan kekuatan tekan pada plat komposit. Uji tekan Compression After Impact – CAI sebelum dan sesudah terkena dampak Low Velocity Impact dapat memberikan informasi besarnya penurunan kekuatan dari plat komposit.
Pengujian pada plat komposit dengan susunan serat UD dan fabric masing-masing menggunakan dua konfigurasi berbeda dapat digunakan sebagai masukan untuk mendisain struktur pesawat berbahan komposit dengan lebih efisien.