Pada tahun 2017, BMW Group Indonesia (BGI) mengumumkan pencapaian tertinggi dengan
meningkatnya penjualan mobil BMW. Pada kuartal I tahun 2018, terjadi peningkatan penjualan
BMW dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2017. Dari kedua pencapaian
tersebut, BMW X1 merupakan tipe produk yang memiliki peningkatan penjualan terbesar
sehingga BGI memprediksi akan terjadi peningkatan permintaan BMW X1 di masa yang akan
datang.
Pencapaian ini diraih BGI dengan menggandeng PT Gaya Motor yang merupakan perusahaan
perakit kendaraan roda empat, seperti BMW, dengan proses produksi berbasis completely
knocked down. Dalam mengantisipasi peningkatan permintaan, perusahaan mengevaluasi
penerapan metode one common takt time yang tidak lagi relevan dan mengakibatkan lintas
perakitan memiliki produktivitas yang rendah, terutama pada overhead line.
Produktivitas yang rendah diselesaikan melalui perancangan lintas perakitan menggunakan
pendekatan lean manufacturing, yakni eliminasi pemborosan, line balancing menggunakan
metode ranked positional weight dan largest candidate rule, process activity mapping, peta
proses kelompok kerja, evaluasi tata letak menggunakan spaghetti diagram, dan 5S.
Diketahui bahwa excess motion merupakan jenis pemborosan tertinggi dengan proporsi
43,50%. Solusi yang diberikan terbukti meningkatkan produktivitas dengan menurunnya
waktu menganggur sebesar 1545,74 detik dan smoothness index sebesar 850,73, meningkatnya
efisiensi lintasan sebesar 15,30% dan kapasitas produksi dari 12 menjadi 16 unit per hari, serta
usulan tata letak yang lebih optimal.
Perpustakaan Digital ITB