digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada tahun 2017, BMW Group Indonesia (BGI) mengumumkan pencapaian tertinggi dengan meningkatnya penjualan mobil BMW. Pada kuartal I tahun 2018, terjadi peningkatan penjualan BMW dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2017. Dari kedua pencapaian tersebut, BMW X1 merupakan tipe produk yang memiliki peningkatan penjualan terbesar sehingga BGI memprediksi akan terjadi peningkatan permintaan BMW X1 di masa yang akan datang. Pencapaian ini diraih BGI dengan menggandeng PT Gaya Motor yang merupakan perusahaan perakit kendaraan roda empat, seperti BMW, dengan proses produksi berbasis completely knocked down. Dalam mengantisipasi peningkatan permintaan, perusahaan mengevaluasi penerapan metode one common takt time yang tidak lagi relevan dan mengakibatkan lintas perakitan memiliki produktivitas yang rendah, terutama pada overhead line. Produktivitas yang rendah diselesaikan melalui perancangan lintas perakitan menggunakan pendekatan lean manufacturing, yakni eliminasi pemborosan, line balancing menggunakan metode ranked positional weight dan largest candidate rule, process activity mapping, peta proses kelompok kerja, evaluasi tata letak menggunakan spaghetti diagram, dan 5S. Diketahui bahwa excess motion merupakan jenis pemborosan tertinggi dengan proporsi 43,50%. Solusi yang diberikan terbukti meningkatkan produktivitas dengan menurunnya waktu menganggur sebesar 1545,74 detik dan smoothness index sebesar 850,73, meningkatnya efisiensi lintasan sebesar 15,30% dan kapasitas produksi dari 12 menjadi 16 unit per hari, serta usulan tata letak yang lebih optimal.