digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Dengan semakin ketatnya persaingan bisnis, menimbulkan banyak masalah baru yang muncul dan harus dihadapi oleh perusahaan. Hal Ini memaksa perusahaan untuk dapat bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan yang ditimbulkan oleh persaingan. Begitu pula masalah yang dihadapi oleh Leftfield Leisure, sebuah rumah produksi di industri pembuatan film yang terbentuk di Bandung sejak 2011. Seiring dengan kemajuan teknologi maka informasi, peralatan, pengetahuan mudah didapat oleh siapapun, hal ini merupakan peluang untuk mengembangkan pasar tetapi juga ancaman masuknya pesaing baru yang menyediakan layanan dengan harga sangat murah. Gelombang pesaing baru ini menjadi masalah bagi Leftfield Leisure untuk mengembangkan bisnisnya, jika situasi ini dibiarkan akan membahayakan perusahaan. Untuk mengatasi ancaman ini, Penulis menganalisa faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis dan membuat strategi bisnis baru dengan menggunakan matriks TOWS. Strategi yang dihasilkan adalah pengembangan produk, pengembangan pasar, pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan promosi yang dapat digunakan oleh Leftfield Leisure untuk mengatasi ancaman pesaing. Kata Kunci: strategi bisnis, matriks TOWS, persaingan, industri pembuatan film