digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Gerbang tol merupakan tempat vital bagi keluar masuknya kendaraan dari dalam maupun luar kota. Pada setiap waktu terdapat perbedaan banyak kendaraan yang masuk maupun keluar dari setiap gerbang tol. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh waktu dan lokasi sehingga dapat dianalisis dengan model GSTAR (Generalized Space-Time Autoregressive). Pada umumnya, galat pada model GSTAR diasumsikan berdistribusi normal dan saling bebas. Tetapi, pada kenyataannya asumsi tersebut sulit dipenuhi sehingga diperlemah dengan galat berkorelasi waktu. Pada Tugas Akhir ini digunakan data sekunder yaitu data banyak kendaraan yang keluar dari delapan gerbang tol Purbaleunyi. Kemudian pada data tersebut diterapkan model GSTAR(1;1) dengan asumsi galat saling bebas dan galat berkorelasi waktu yang mengikuti proses beda martingale. Setelah dibandingkan antara data asli dengan hasil estimasi, diperoleh bahwa galat mengikuti proses beda martingale. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model GSTAR(1;1) dengan galat berkorelasi waktu merupakan model yang cocok untuk data banyak kendaraan yang keluar dari delapan gerbang tol.