Perkembangan teknologi daya yang digunakan pesawat terbang mengalami perubahan dari sumber mekanikal, pneumatik, hidrolik digantikan dengan sumber elektrik yang dikenal dengan More Electric Aircraft (MEA). Pesawat militer modern banyak yang menggunakan sistem kelistrikan 270 VDC. Untuk beberapa pesawat tempur, sumber kelistrikan masih menggunakan 115VAC/400 Hz untuk memberikan daya setiap beban elektrik. Jika pada perkembangannya sistem 115VAC/400 Hz mendapat beban yang bekerja dengan tegangan 270 VDC, maka diperlukan Multi-Pulse Transformer Rectifier Unit (Multi-Pulse TRU) untuk mengubahnya menjadi tegangan 270 VDC.
Pengembangan TRU tipe ini belum diarahkan untuk memenuhi regulasi pesawat militer. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi jumlah pulsa (p) dan sudut penyalaan (α) terhadap batas tegangan riak, tegangan keluaran dan faktor distorsi untuk memenuhi MIL-STD-704F. TRU yang dianalisis terdiri dari 6-pulsa dan 12-pulsa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa TRU 6-pulsa, amplitudo tegangan riak dan faktor distorsi tidak memenuhi MIL-STD-704F. Pada TRU 12-pulsa, amplitudo tegangan riak dan faktor distorsi memenuhi MIL-STD-704F dengan sudut penyalaan (α) ≤4°.
Perpustakaan Digital ITB