Pergerakan arus lalu lintas udara di wilayah Upper Control Area Ujung Pandang West Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar mengalami kenaikan yang cukup pesat. Hal ini menyebabkan terjadinya kepadatan arus lalu lintas udara di wilayah itu sehingga banyak pesawat udara yang tidak mendapatkan optimum levelnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan RNP10 di wilayah Upper Control Area Ujung Pandang West Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar khususnya rute internasional terhadap peningkatan kapasitas ATS route di area tersebut. Dalam penelitian ini
penentuan kapasitas ditentukan dengan formulasi matematis single ATS route sehingga didapatkan kapasitas untuk penggunaan separasi sebelumnya dan RNP10.
Hasil yang diperoleh menunjukkan kapasitas ATS route di wilayah Upper Control Area Ujung Pandang West Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dengan separasi RNP10 adalah 39 Aircraft, meningkat 62,5 % dibandingkan separasi sebelumnya yaitu 10 menit dan MNT.