Fisika adalah bagian dari sains kealaman (IPA) yang pada hakikatnya adalah kumpulan pengetahuan, hasil dari cara berpikir dan penyelidikan. Cara pengajaran fisika harus dikembalikan kealam sesuai dengan domain yang dipelajarinya. Fenomena alam yang sangat dekat dengan kita antara lain gelombang, akan tetapi pemahaman konsep gelombang masih sangat rendah bagi peserta didik baik tingkat MTs/SMP maupun MA/SMA. Hal yang mendasar untuk memahami konsep gelombang berawal dari pemahaman cepat rambat bunyi. Maka dari itu dibuat rancangan eksperimen untuk mengetahui cepat rambat bunyi di udara dan di air. Rancangan eksperimen terdiri atas tiga jenis eksperimen yang dianalisis dengan pembacaan grafik dan tampilan osiloskop. Hasil eksperimen yang diperoleh mendekati teori dengan kesalahan 6% untuk kecepatan rambat bunyi di udara. 17% cepat rambat bunyi di air dan cepat rambat bunyi dengan menggunakan osiloskop 3.76%.