digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

Kawasan Simpang Pasteur, yang berfungsi sebagai pintu gerbang utama menuju Kota Bandung dan terhubung langsung dengan akses jalan tol, mengalami permasalahan kemacetan yang cukup parah. Pada jam-jam sibuk, volume lalu lintas yang sangat tinggi menyebabkan kondisi jenuh dengan Tingkat Pelayanan (Level of Service/LoS) berada pada kategori F, serta tundaan rata-rata kendaraan yang melebihi 60 detik. Penelitian ini dilakukan untuk menilai kinerja lalu lintas eksisting sekaligus menentukan alternatif perbaikan yang paling efektif. Evaluasi kinerja mengacu pada pemodelan mikrosimulasi menggunakan perangkat lunak PTV Vissim yang merepresentasikan kondisi lapangan secara mendekati nyata. Dalam penelitian ini diuji enam skenario perbaikan, meliputi perubahan waktu siklus, perubahan pola sirkulasi pergerakan kendaraan dan pengubahan fase sinyal lalu lintas. Hasil analisis menunjukkan bahwa skenario 6 memberikan peningkatan paling signifikan, dengan penurunan tundaan rata-rata sebesar 85% serta pengurangan panjang antrian secara substansial dibanding kondisi eksisting.