COVER Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Raden Farhan Bara Herdiansah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Kawasan Simpang Pasteur, yang berfungsi sebagai pintu gerbang utama
menuju Kota Bandung dan terhubung langsung dengan akses jalan tol, mengalami
permasalahan kemacetan yang cukup parah. Pada jam-jam sibuk, volume lalu lintas
yang sangat tinggi menyebabkan kondisi jenuh dengan Tingkat Pelayanan (Level of
Service/LoS) berada pada kategori F, serta tundaan rata-rata kendaraan yang
melebihi 60 detik. Penelitian ini dilakukan untuk menilai kinerja lalu lintas
eksisting sekaligus menentukan alternatif perbaikan yang paling efektif. Evaluasi
kinerja mengacu pada pemodelan mikrosimulasi menggunakan perangkat lunak
PTV Vissim yang merepresentasikan kondisi lapangan secara mendekati nyata.
Dalam penelitian ini diuji enam skenario perbaikan, meliputi perubahan waktu
siklus, perubahan pola sirkulasi pergerakan kendaraan dan pengubahan fase sinyal
lalu lintas. Hasil analisis menunjukkan bahwa skenario 6 memberikan peningkatan
paling signifikan, dengan penurunan tundaan rata-rata sebesar 85% serta
pengurangan panjang antrian secara substansial dibanding kondisi eksisting.
Perpustakaan Digital ITB