COVER Alisya Tria Ananda
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Alisya Tria Ananda
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Alisya Tria Ananda
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Alisya Tria Ananda
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Alisya Tria Ananda
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Alisya Tria Ananda
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Alisya Tria Ananda
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Alisya Tria Ananda
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Jalan Tol Jakarta – Cikampek merupakan jalur strategis yang menghubungkan Jakarta dengan wilayah Jawa Barat serta menjadi jalur utama distribusi barang dan mobilitas masyarakat. Tingginya intensitas lalu lintas di ruas jalan tol ini menjadikannya sangat krusial sehingga keberlangsungan operasional perlu didukung sistem infrastruktur yang memadai. Pada tahun 2020, terdapat bagian Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang terendam banjir. Penyusunan Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisis saluran drainase untuk mendapatkan pengendalian banjir yang efektif terutama ruas b KM 13+400-KM 16+000. Tahapan yang dilakukan dalam Tugas Akhir ini mencakup analisis hidrologi, analisis hidraulika, pemodelan sungai crossing dengan HEC-RAS 6.6, dan pemodelan saluran drainase dengan SWMM 5.2. Perhitungan analisis hidrologi menghasilkan debit banjir rencana dengan Metode SCS. Hasil data analisis hidrologi dengan periode ulang 25 tahun digunakan untuk analisis hidraulika. Pemodelan hidraulika sungai crossing menghasilkan elevasi muka air banjir yang dijadikan acuan elevasi outlet untuk desain pemodelan saluran drainase. Alternatif pengendalian banjir yang ditinjau meliputi pembuatan saluran drainase jalan tol, normalisasi sungai, perbaikan saluran drainase eksisting, dan integrasi antara sistem drainase Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dengan sistem drainase Jalan Tol Jakarta-Cikampek.
Perpustakaan Digital ITB