digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Penyaringan data berdasarkan atribut merupakan salah satu konsep fundamental dalam basis data relasional dan menjadi bagian penting dalam pengembangan keterampilan Computational Thinking (CT). Namun, konsep ini seringkali dianggap abstrak dan membingungkan oleh siswa, terutama karena penyajiannya yang dominan bersifat tekstual dan teoritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah modul pembelajaran berbasis web yang mengintegrasikan proses filtering data berdasarkan atribut dengan menggunakan logical operator AND melalui pendekatan gamifikasi dengan kerangka Mechanics, Dynamics, and Aesthetics (MDA). Modul ini diimplementasikan dalam bentuk permainan The Mimic dan dievaluasi melalui pengujian fungsionalitas serta usability dengan lima responden. Hasil System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor rata-rata sebesar 69,5, yang termasuk dalam kategori marginally acceptable, menandakan bahwa modul cukup mudah digunakan namun masih memiliki ruang untuk penyempurnaan. Selain itu, evaluasi menggunakan Game Experience Questionnaire (GEQ) menunjukkan respons positif dari pengguna, terutama pada aspek challenge, discovery, dan narrative, yang menandakan bahwa permainan ini mampu menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus bermakna. Modul ini diharapkan dapat menjadi alternatif soal latihan computational thinking berbasis logika yang lebih aplikatif dan adaptif terhadap kebutuhan siswa di era digital.