digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TS PP ARSENAL BRADYS 1-COVER.pdf


2008 TS PP ARSENAL BRADYS 1-BAB1.pdf

2008 TS PP ARSENAL BRADYS 1-BAB2.pdf

2008 TS PP ARSENAL BRADYS 1-BAB3.pdf

2008 TS PP ARSENAL BRADYS 1-BAB4.pdf

2008 TS PP ARSENAL BRADYS 1-BAB5.pdf

2008 TS PP ARSENAL BRADYS 1-BAB6.pdf

2008 TS PP ARSENAL BRADYS 1-PUSTAKA.pdf

Alat peraga tsunami adalah salah satu kebutuhan Museum Geologi Bandung untuk mengisi ruangan baru yang bertemakan bencana geologi. Tsunami adalah rangkaian gelombang panjang yang diakibatkan oleh perubahan dasar laut yang terjadi secara tiba-tiba. Pengelola museum mensyaratkan agar alat peraga ini harus bersifat interaktif, menarik, mendidik dan inovatif sehingga menghindari kejenuhan pengunjung museum terutama pelajar. Untuk memenuhi persyaratan tersebut dirancang sebuah alat peraga baru mengunakan teknologi augmented reality yang dapat menyatukan obyek virtual dengan dunia nyata. Dalam tesis ini dilakukan desain sistem alat peraga dan penjelasan mengenai teknologi yang digunakan. Alat peraga ini terdiri dari video pendahuluan, animasi tsunami dalam bentuk 3D, dan sebuah game interaktif mengenai mitigasi tsunami. Alat peraga ini mengunakan meja yang dilengkapi dengan penyangga monitor, webcam 1.3 MP, prosesor dengan spesifikasi minimal 2 GHZ, RAM 1GB, dan kartu grafis 512 MB. Evaluasi awal terhadap penggunaan alat peraga ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada pengunjung museum yang berlatar belakang pelajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa alat peraga ini sesuai dengan persyaratan dan cocok digunakan di Museum Geologi Bandung.