COVER Nabila Fatiha Harid
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Nabila Fatiha Harid
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Nabila Fatiha Harid
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Nabila Fatiha Harid
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Nabila Fatiha Harid
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Nabila Fatiha Harid
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Nabila Fatiha Harid
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Nabila Fatiha Harid
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Nabila Fatiha Harid
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Ciseatto merupakan UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman dengan fokus layanan katering harian dan acara. Ciseatto melihat peluang menjual hidangan beku siap saji untuk memaksimalkan penjualannya. Pengembangan hidangan beku siap saji memerlukan pemahaman mendalam terkait atribut yang dipentingkan oleh konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terkait hidangan beku siap saji dan merumuskan strategi pemasaran hidangan beku siap saji dengan pendekatan segmenting, targeting,dan positiong (STP) serta bauran pemasaran.
Penelitian ini menggunakan analisis choice-based conjoint dalam mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap hidangan beku siap saji. Penentuan atribut penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap 8 konsumen Ciseatto sehingga diperoleh 5 atribut hidangan beku siap saji yang mencakup tingkat kepedasan, komponen nutrisi utama, metode penyajian produk, metode pemesanan produk, dan kemasan makanan. Metode sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Penyebaran kuesioner menghasilkan jawaban 303 responden yang memenuhi kriteria penelitian.
Melalui analisis choice-based conjoint dengan hierarchical Bayes, diperoleh nilai part-worth dan importance yang memberikan pemahaman terkait tingkat kepentingan atribut dan level. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profile 1 merupakan alternatif produk yang merepresentasikan preferensi konsumen. Alternatif produk ini memiliki tingkat kepedasan moderately pungent, terbuat dari karbohidrat, disajikan dengan microwave, dipesan dengan metode pre-order h-2 yang memungkinkan produk sampai di tangan konsumen dua hari setelah waktu pemesanan serta dikemas dengan bag retortpack. Ciseatto dapat menerapkan pendekatan mass market yang disesuaikan dengan gaya hidup sibuk di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cimahi, Jatinangor, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Ciseatto menjual hidangan beku siap saji dengan harga yang lebih rendah daripada kompetitornya. Penelitian ini merumuskan brand mantra Ciseatto, yakni “Hemat, Praktis, Bergizi”. Strategi bauran pemasaran yang mencakup product, price, place, dan promotion akan dirancang untuk memastikan keberhasilan penjualan hidangan beku siap saji Ciseatto di pasar.
Perpustakaan Digital ITB