digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TS PP NATALIA CHRISTY 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2008 TS PP NATALIA CHRISTY 1-BAB 1.pdf
File tidak tersedia

2008 TS PP NATALIA CHRISTY 1-BAB 2.pdf
File tidak tersedia

2008 TS PP NATALIA CHRISTY 1-BAB 3.pdf
File tidak tersedia

2008 TS PP NATALIA CHRISTY 1-BAB 4.pdf
File tidak tersedia

2008 TS PP NATALIA CHRISTY 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Saat ini saat keinginan untuk membaca meningkat, informasi tersebar dengan cepat dan luas, majalah menjadi salah satu dari media yang digunakan semua orang dalam memenuhi kebutuhan mereka akan informasi. Jumlah majalah yang makin bertambah dari hari ke hari, membuat kompetisi makin marak. XYZ Group sebagai salah satu perusahaan majalah terbesar dan tertua di Indonesia, Gadis merupakan salah satu dari unit bisnis XYZ Group yang merupakan majalah kedua tertua yang diterbitkan. Gadis sebagai majalah remaja perempuan juga menghadapi situasi ini, readership Gadis menurun sebagai akibat banyak majalah-majalah lain bermunculan. Salah satu alasan mengapa readership Gadis yang menurun adalah penurunan dari brand equity Gadis. Gadis selalu mencoba menaikkan brand equity melalui program-program marketing mereka, yang salah satunya adalah Gadis Sampul. Gadis Sampul pertama kali diadakan pada tahun 1987 dan menjadi acara tahunan Gadis sejak itu. Tujuan dari Gadis Sampul adalah menaikkan awareness dari target pasar Gadis. Gadis Sampul tidak mencapai tujuan itu karena selama ini target pasar Gadis tidak aware terhadap acara ini. Kajian terhadap acara ditinjau dari segi STP yang merupakan dasar dari segala kegiatan marketing. Setelah dilakukan analisis didapatkan segmentasi, targeting, dan positioning Gadis Sampul tidak sesuai dengan segmentasi, targeting, dan positioning Gadis. Segmenting, targeting, dan positioning Gadis Sampul harus dievaluasi dan disesuaikan dengan Gadis sehingga Gadis Sampul dapat mencapai tujuan awalnya yaitu menaikkan awareness Gadis. Menyesuaikan segmenting, targeting, dan positioning Gadis Sampul lalu membuat marketing mix digunakan sebagai dasar untuk membuat fondasi dari acara ini. Setelah membuat fondasi selanjutnya detail acara dibutuhkan. Detail acara dibuat berdasarkan analisis consumer behavior dan diharapkan dapat membangun antusias dari target pasar sehingga mereka akan tertarik untuk datang dan tujuan awal Gadis Sampul yaitu meningkatkan awareness akan tercapai. Ketika awareness meningkat maka brand equity Gadis juga akan meningkat dan hal ini akan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap readership Gadis.