digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Konsumsi kopi di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, hal ini disebabkan oleh semakin berkembangnya budaya konsumsi kopi. Kedai kopi yang merupakan bisnis yang khusus menjual produk kopi juga mengalami peningkatan popularitas seiring dengan tren peningkatan konsumsi kopi, khususnya di Indonesia. Warkop G, yang berlokasi di kota Gresik dan bergerak dalam industri kopi, memanfaatkan tren ini untuk menjadikan dirinya sebagai perusahaan Makanan dan Minuman (FnB) dengan konsep unik yang berbeda dari para pesaingnya. Seiring berjalannya waktu, keterlibatan pelanggan di kedai kopi telah berkembang lebih dari sekedar menikmati kopi, mencakup aktivitas seperti rapat, co-working, pameran, dan berbagai acara lainnya. Kegiatan ini disebut dengan kegiatan MICE. Menyadari potensi yang dimiliki, khususnya di kota Gresik yang merupakan kota industri di Jawa Timur Indonesia, dimana kegiatan MICE diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya, maka Warkop G bermaksud melakukan riset untuk memasuki pasar MICE di kota Gresik. . Umumnya kegiatan MICE diselenggarakan di hotel dan tempat pameran yang luas dengan bangunan yang besar dan lapang. Warkop G, sebaliknya, menawarkan suasana yang luas serta kedai kopi yang terkenal dengan kesederhanaannya. Oleh karena itu, penelitian ini akan berpusat pada potensi pasar MICE di kota Gresik dan bagaimana Unique Selling Point Warkop G yang akan membedakannya dengan kompetitor lainnya. Untuk merumuskan strategi pemasaran Warkop G dalam memasuki pasar MICE, penelitian ini akan memanfaatkan berbagai alat bisnis, antara lain Value Proposition untuk menetapkan nilai jual yang unik dan beberapa alat lainnya. Pengembangan strategi bisnis akan melibatkan penggunaan pendekatan Go-To-Market sebagai alat untuk menyusun strategi pemasaran produk/jasa yang ditujukan untuk target pasar. Penulis menggunakan teknik penelitian kualitatif, termasuk metode observasi dan wawancara dengan berbagai sumber, baik dalam pendekatan eksploratif maupun konfirmatori untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah pengembangan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mendongkrak penjualan